Perjusami Sako Pramuka Penegak FWP Berakhir

Pelaksanaan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu dan Minggu (Perjusami) anggota Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Penegak Forum Wartawan Pati (FWP), Minggu (23/12) hari ini pukul 10.30 berakhir di pinggir ruas jalan Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo, Pati – Bareng, Kecamatan Jekulo, Kudus dengan menanam pohon pelindung jalan.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu (Perjusami) Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Penegak Forum Wartawan Pati (FWP) bersama anggota Pramuka setingkat dari Gudep yang berpangkalan di SMA Sultan Agung Sukolilo, Minggu (23/12), pukul 10.30 berakhir. Puncak dari kegiatan perkemahan tersebut, adalah Gerakan Sadar Tanam Pohon, di pinggir ruas jalan kabupaten yang baru selesai ditingkatkan.
Hal tersebut, kata Koordinator Lingkungan FWP, Imam Slamet dan Basudewa, untu penanaman pohon peneduh jalan dimulai Sabtu (22/12) pagi kemarin. Lokasinya di pinggir sisi kiri dan kanan ruas jalan kabupaten antara Sukolilo – Desa Baturejo, Kecamatan Sukolilo yang semula direncanakan sepanjang 1.200 meter.
Akan tetapi, 600 meter ruas jalan yang masuk Desa/Kecamatan Sukolilo yang baru selesai ditingkatkan dengan pengaspalan dan pembetonan, untuk sementara ditangguhkan. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati akan kembali melanjutkan alokasi peningkatan ruas jalan tersebut melalui APBD Tahun 2019 dengan pembuatan talut.
Dengan demikian,  lokasi penanaman pohon di pinggir ruas jalan itu terpaksa harus ditunda karena untuk menghindari terjadinya kerusakan pohon yang ditanam saat nanti pelaksanaan pekerjaan tersebut berlangsung. ”Sebagai pengganti lokasi penanaman kami alihkan di sekililig lapangan olahraga Desa Baturejo,”ujarnya.
Anggota Pramuka Penegak anggota Satua Komunitas (Sako) Forum Wartawan Pati (FWP), mulai bergerak menempatkan bibit pohon tanaman di lubang-lubang tanam yang sudah disiapkan.(Foto:SN/aed)

Untuk penanaman pohon peneduh jalan di Desa Baturejo, katanya lagi, dimulai dari depan halaman balai desa setempat yang menjadi pusat kegiatan. Jenisnya bobit yang ditanam adalah palem ekor tupai dan ketapang kencana di sisi kiri dan kanan ruas jalan kabupaten tersebut sepanjang 600 meter hingga perempatan di Dukuh Bombong, desa setempat.
Selebihnya sejumlah warga yang berdiam dipinggir jalan juga diberikan bantuan bibit khusus buah-buahan jenis alpukat, dan petai. Ternyata mereka mengharap tambahan bibit pohon buah-buahan, dan hal itu akan  diupayakan Januari 2019  mendatang, karena pihaknya masih mempunyai cadangan bibit pohon sebanyak 7.500 batang, sehingga akan diupayakan sebagian besar bibit pohon buah-buahan.
Selesai melakukan penanaman pohon di desa tersebut, anggota Sako Pramuka Penegak FWP siang harinya beranjangsana di keluarga ”Sedulur Sikep” yang merupakan bagian warga dari desa itu. Sedangkan malam harinya, selain melakukan kegiatan kepramukaan juga hiburan masyarakat berupa pemutaran film seria Saridin.
Dari semua rangkaian kegiatan perkemahan di Baturejo, Minggu pagi hari ini tepat pukul 07.00 mereka dipindahkan ke lokasi di pinggir ruas jalan Cengkalsewu, Kecamatan Sukolilo-Bareng, Kecamatan Jekulo, Kudus. ”Di pinggir ruas jaan ini, kami melanjutkan penanaman pohon peneduh bersama komunitas yang selama ini bergabung dengan Gerakan Sadar Menanam Pohon, baik dari FKPPI, PKL Alun-alun Simpanglima Pati, jajaran TNI anggota Kodim 0718 dan Polri,”imbuh Imam Slamet.(sn) 


About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Bagi-bagi Pekerjaan; Wakil Bupati Sampaikan Hasil Evaluasi dan Hasil Fasilitasi
Next post Memecah Kerasnya Tanah dengan Menanami Pohon
Social profiles