PT SIK Upaya Raih ISO

Pelatihan di jajaran personel PT Sinar Indah Kertas (SIK) Pati terus berlanjut sudah enam bulan untuk bisa meraih sertifikat ISO 9000 dan 14000 di tahun ini.(Foto:SN/aed) 


SAMIN-NEWS.COM  PATI-Seluruh jajaran manajemen PT Sinar Indah Kertas (SIK) Pati, kini sepakat dan guyub untuk bisa meraih sertifikat ISO 9000 dan 14000 tentang kualitas produk kualitas lingkungan. Berkait hal tersebut pelatihan personel di tiap-tiap bagian yang membidangi sampai saat ini terus berlanjut, dan bahkan sudah berlangsung selama enam bulan.
Dengan demikian, upaya itu benar-benar dilakukan secara maksimal sehingga tidak sekadar raihan sertifikat pengakuan, tapi setiap personel yang bertugas mengelola dan bertanggung jawab pada bidang tugas masing-masing benar-benar mampu melaksanalan bidang tugasnya. Karena itu pelatihan demi pelatihan dalam upaya menciptakan kemampuan mereka, setiap saat pun siap diuji.
Khusus masalah lingkungan, misalnya, kata Plan Manager perusahaan yang bersangkutan, Didik Mudianto, pihaknya tetap konsisten dalam upaya menciptakan produk yang ramah lingkungan. Sebab, bahan baku produksi yang dihasilkan memang berasal dari kertas-kertas bekas yang dihimpun dari para penyuplai.
Dari satu sisi, perusahaan dalam proses produksi benar-benar memanfaatkan kertas bekas berbagai jenis untuk didaur ulang menjadi produk terbarukan. ”Dalam proses produksi ini tentu tak bisa lepas dari air sisa buangan sehingga hal tersebut harus mendapat perhatian lebih, agar tetap terjaga keseimbangan lingkungan sekitar,”ujarnya.
Di sisi lain, katanya lagi, pihaknya juga tak ketinggalan dalam gerakan penataan lingkungan sehingga alokasi anggaran untuk CSR perusahaan pun mulai dioptimalkan. Yakni, mendukung setiap gerakan tersebut yang dilakukan pihak ketiga maka partisipasi juga diberikan, karena sudah menjadi komitmen jajaran manajemen.
Berkait hal tersebut yang sudah dilakukan, adalah berpartisipasi dalam Gerakan Orang Tua Asuh Pohon (GOTAP) yang dilaksanakan Forum Wartawan Pati (FWP). Lokasi penanaman pohon yang akan diasuh sampai benar-benar tumbuh selama lima tahun ke depan, untuk tahap awal ini di kawasan lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati.
Selain itu, hal sama juga diberikan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati yang melakukan penanaman pohon di kawasan Bukit Pandang, di Desa Slungkep, Kecamatan Kayen, Pati. Melalui uoaya itu diharapkan keikutsertaan perusahaan dalam menciptakan lingkungan yang benar-benar berkualitas bisa diwujudkan.
Hal itulah yang menjadi salah satu unsur upaya bisa meraih ISO tentang kualitas lingkungan, sehingga di tahun-tahun berikutnya terus berkelanjutan melalui pos alokasi CSR. ”Dengan demikian, kami akan terus meningkatkan dan menjalin kerja sama dengan semua pihak yang mempunyai komitemen dalam melakukan penataan lingkungan,”imbuhnya.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Panwascam Margorejo juga Turunkan Bendera Parpol
Next post Apa Kata Para Tetua Desa Sukoharjo tentang Punden Mbah Gamirah
Social profiles