Halaman Belakang Satdion Joyokusumo untuk Ruang Hijau

0
21
Inilah jenis tanaman ketapang kencana yang akan digunakan untuk menghijaukan halaman belakang Stadion Jiyokusumo Pati.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI-Satatus dan kegunaan halaman belakang Satdion Joyokusumo Pati, bukan lagi disediakan untik menambah fasilitas sarana dan prasarana olahraga, karena sudah lapanga tenis indoor dan arena tempat berlatih atlet cabangh olahraga panahan. Karena itu lahan yang tersedia dan menjadi bagian dari lingkungan stadion tersebut dipersiapkn untuk menambah fasilitas umum, berupa ruang hijau.
Dengan demikian, setelah hiujan turun pada awal masa pancaroba ini lokasi lahan tersebut akan segera dihijauakn dengan jenis tanaman berdaun rimbun, di antaranya jenis pohon trembesi, dan tanaman yang saat ini mempunyai daya tarik tersendiri. Yakni, jenis pohon Ketapang Kencana, tanaman peneduh berdaun kecil tapi cukup rimbun.
Untuk keperluan tersebut, kata Wakil Ketua Forum Wartawan Pati (FWP) yang juga Ketua Gerakan Orang Tua Asuh Pohon FWP, Wicaksono Adiprabowo Yekti, secara lisan pihaknya sudah menyampaikan rencana tersebut ke pihak penanggung jawab dan pengelola sytadion. Yakni, Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) setempat.
Sedang perkiraan jadwal tanam paling lambat awal Desember mendatang, karena dengan harapan turunnya hujan benar- benar maksimal. ”Untuk pelaksanaan tanam pohon, selama satu tahun terakhir ini kami sudah mempunyai komunitas, selain FWP adalah Pramuka Penegak anggota Satuan Komunitas (Sako) FWP,”ujarnya.
Selebihnya, masih kata dia, ada pula dari para anggota Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-alun Simpanglima Pati, FKPPI dan juga jajaran TNI. Untuk penanaman pohon peneduh/penghijauan menjadi salah satu bagian dari bakti sosial komunitas yang bersangkutan, sehingga kegiatan tersebut di luar GOTAP.
Mengingat upaya penanaman pohon di lingkungan halaman belakang stadion, hal itu harus menjadi komitmen bersama, penyediaan fasilitas umum beruoa ruang hijau menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kepentingan pihak yang menggunakan. Dengan demikian, mereka pun bisa ikut bergabung melakukan penanaman.
Ketersediaan fasilitas ruang hijau tersebut menjadi sangat penting, untuk menghindarkan agar kawasan lingkungan pusat kegiatan olahraga di Pati itu nantinya benar-benar tampak hijau dan jauh dari kegersangan bila musim kemarau. Sehingga kurang tepat jika ada pihak-pihak yang hendak memanfaatkan lahan itu untuk membuat sarana dan prasarana cabang olahraga.
Selain itu, di lokasi lingkungan yang sama selama ini sudah dimanfaatkan tempat berlatih atlet panahan. ”Dengan demikian, pemanfaatan sisa lahan di halaman belakang stadion dengan alasan apa pun dinilai pihaknya kurang tepat , swehingga faktor lingkungan fasilitas tempat olahraga memang benar-benar sangat membutuhkan ruang hijau,”tandas Wicaksono Adiprabowo Yekti.(sn)