Pemasangan Pancang Sheet Pile Akses Ruas Jalan ke Kolam Parkir Kapal Kehabisan Material

Pemasangan pancang sheet pile pada akses ruas jalan menuju ke lokasi rencana pembangunan kolam parkir kapal sekitar Pulau Seprapat Juwana.(Foto:SN/dok-aed) 


SAMIN-NEWS.COM PATI-Rekanan pemenang tender proyek akses jalan menuju lokasi rencana pembangunan kolam parkir kapal, di sekitar Pulau Seprapat, sore ini dipastikan kehabisan material pancang sheet pile. Jika sampai malam nanti atau besok pagi meterial yang didatangkan khusus dari Yogya tersebut tidak sampai di lokasi, dipastikan pekerjaan tersebut Rabu (17/10) besok pasti berhenti.
Seharusnya rekanan sudah bisa memprediksi, bahwa untuk pekerjaan itu tidak akan memghabiskan waktu terlalu lama untuk memasang satu batang sheet pile. Sebab, panjang material itu hanya 10 meter dan lebar 1 meter per batangnya, dan lagi pula struktur tanah untuk lokasi pemasangannya tidaklah terlalu keras karena di pinggir alur Kali Juwana yang notabene mempunyai endapan lumpur cukup tebal.
Hal tersebut dibenarkan pengawas lapangan untuk pelaksanaan pekerjaan itu dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabuaten Pati, Samijan. Sebagaimana sisa material dari yang kemarin, hanya tinggal 8 batang sehingga keseluruhan yang terpasang sebanyak 64 batang yang seharusnya untuk kekurangannya sebanyak 83 batang sudah tersedia di lokasi.
Akan tetapi sampai pemasangan material tersebut habis, untuk mobilisasi kedatangannya dari prabikan penerima order material tersebut tak kunjung datang. ”Akibatnya, untuk pelaksanaan pekerjaan tersebut tidak bisa berlanjut sampai satu hari kalender, karena memang tersedia materialnya,”ujarnya.
Ketika hal tersebut ditanyakan pada pihak pelaksana lapangan, masih kata Samijan, untuk keperluan penyediaan material itu masih dalam mobilisasi dari pabrik penerima order ke lokasi. Dengan demikian, jika hal tersebut benar perjalanan dari Yogyakarta ke Pati akan ditempuh pada malam hari sehingga bisa saja pada subuh dinihari baru tiba di lokasi.
Jika sampai besok material kekurangannya tidak segera tiba di lokasi, maka dipastikan tidak ada pekerjaan yang dilaksanakan oleh operator alat berat. Dengan demikian, pekerjaan terpaksa harus berhenti sampai material tersebut tiba di lokasi, sehingga rekanan dipasatikan akan kehilangan hari kalender sebagaimana yang ditandatangani dalam kontrak.
Berkait dengan banyaknya pancang sheet pile yang harus dusediakan rekanan jumlahnya seluruhnya adalah 147 batang, karena sisi tepi akses ruas jalan berbatasan dengan tepi alur Kali Juwana yang diperkuat dengan konstruksi tersebut panjangnya 147 meter. Sedangkan panjangnya 10 meter, dan lebar 1 meter.
Dari material ukuran tersebut, yang harus ditanam pada kedalaman tanah sebagai penahan agar bagian tepi akses ruas jalan tidak ambles atau pun longsor maksimal adalah 8 meter. ”Sisanya 2 meter adalah untukpenambahan material urukan bahu jalan yang ketinggiannya disesuaikan dengan talut penahan di sisi kiri jalan yang sudah selesai dikerjakan tahun lalu (2017),”imbuh Samijan.(sn) 

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Pembangunan Taman Masuk Kota Juwana Berlanjut
Next post Komisi C DPRD Pati Studi Sampah ke Karanganyar dan Sukoharjo
Social profiles