Ketua PWI Jawa Tengah; Ajak Wartawan Berpikir Waras

Ketua PWI Jawa Tengah, H Amir Machmud NS mengukuhkan kepengurusan PWI Pati, dan bersama Wakil Bupati H Saiful Arifin memberi ucapan selamat kepada pengurus yang baru dikukuhkan, Sabtu (27/10) kemarin.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI-Dalam sambutannya ketika mengukuhkan kepengurusan PWI Pati, di bawah ketuanya, M Noor Efendi, Ketua PWI Jawa Tengah, H Amir Machmud NS mengajak para wartawan anggotanya, untuk berpikir waras. Masalahnya di era persaingan politik dalam menghadapi pemilu kali ini sudah ditemukan ada wartawan yang sengaja mau berpikir tidak waras.
Sebab, mereka mau ditarik-tarik untuk menyuarakan hal-hal tidak waras oleh kelompok atau orang-orang yang sengaja memperalat, agar wartawan menjadi corong kepentingannya. Sehingga mereka otidak netral lagi, karena mau dijadikan alat propaganda yang justru tidak lagi mengutamakan kepentingan negara, tapi yang dilakukan justru sebaliknya.
Karena itu, katanya lebih lanjut, sekarang dalam menyikapi kondisi seperti jika wartawan mau berpikir waras, tentu tidak menggunakan cara berpikir yang tidak waras/ Sehingga tetap berdiri dalam sikpa profesionalisme, mematuhi kode etik jurnalistik serta memahami tugas dan peran pers sebagaimana diatur dalam UU No 40 Tahun 1999.
Akan tetapi semua itu tergantung pada sikap profesionalisme setiap wartawan, di mana wartawan tetap mempunyai tugas yang harus diutamakan, yaitu sebagai kontrol sosial di masyarakat. ”Yakni, kontrol sosial yang membawa kemaslahatan bagi kepentingan seluruh warga dalam berbangsa dan bernegara,”tegasnya.
Dengan demikian, masih kata dia, sekarang kembali lagi bahwa setiap wartawan yang profesional tetap harus mampu memposisikan diri dengan sikapnya yang selalu menjaga kredibilitas profesinya. Sehingga jika ada yang sengaja menarik-menarik untuk berdiri di satu sisi, atau bahkan sengaja melibatkan diri pada sisi yang berpikir tidak waras maka patut dipertanyakan profesionalismenya.
Sebab, mereka mau diperalat hanya untuk menyuarakan kepentingan kelompok yang berpikir tidak waras. Hal itu terlihat jelas dalam karya-karya jurnalistiknya, sehingga dia justru menggagas dalam hal ini dubutuhkan adanya fikih jurnalistik, agar wartawan tetap mempunyai kesadaran untuk selalu menyuarakan tentang kebenaran.
Di sisi lain Amir Machmud juga mengajak agar wartawan juga memberikan dukungan untuk penyiaran keberhasilan daerah Pati dalam menggarap potensi yang dimiliki. ”Sebab hal itu juga merupakan komitmen wartawan yang menpunyai tanggung jawab dan peran sosial, agar Pati bisa mencapai kemajuan yang maksimal.”
Hadir dalam kesemoatan tersebut, adalah Wakil Bupati, H Saiful Arifin didampingi Asisten I Sekda, H Sudiyono, dan Kabag Humas Setda Pati, H Rasiman. Mereka menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pengurus yan g dikukuhkan, agar PWI Pati kehadirannya juga mwmbawa manfaat dan kemaslahatan bagi warga di Kabupaten Pati.(sn) 

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Daniel Hakiki;Media Tradisional Tetap Punya Keunggulan
Next post Wakil Bupati;Jangan Menjustis Hal yang Belum Pasti
Social profiles