Bersama Barongsai Gusdurian Himpun Bantuan untuk Palu

Koordinator Gusdurian Pati, Eddy Siswanto bersama Kiai Happy Irianto dan barongsai serta liong nanti malam akan menghimpun bantuan untuk korban gempa bumi dan tstunami Palu, di kawasan Alun-alun Simpanglima Pati.(Foto:SN-dok-aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI-Dua serangkai koordinator Gus Durian Pati, Eddy Siswanto dan Kiai Happy Irianto bersama barongsai, serta liong, nanti malam akan menghimpun dana peduli untuk korban ge mpa bumi dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Karena itu, kepada siapa pun yang terketuk untuk peduli terhadap sesama yang tengah dirundung musibah bisa ikut berpartisipasi.
Siapa pun yang ikhlas demi menolong sesama dipersilakan berapa pun yang akan diberikan, semua akan dipertanggungjawabkan secara terbuka, termasuk laporan yang harus disampaikan kepada Gusdurian pusat, pimpinan Alissa Wahid. Sedangkan penyalurannya dipastikan melalui PMI, karena lembaga yang mengurus urusan kemanusiaan itu akan menyalirkannya ke lokasi.
Dengan demikian, kata Eddy Siswato, pihaknya juga mengajak komponen masyarakat lainnya seperti Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-alun Simpanglima Pati, untuk ikut serta terlibat dalam penggalangan bantuan kemanusiaan ini. Sedangkan yang sudah memastikan diri, sampai semalam jumlahnya lebih dari 150 orang.
Identitas mereka pun jelas, karena semua memakai eeragam kaos dengan ciri khas warna Gusdurian Pati, sehingga upaya penggalangan dana kemanusiaan ini bebas dari campur tangan pihak lain. ”Di antaranya, adalah kelompok dari kalangan partai politik sehingga dalam aksi peduli ini sekaligus mempertegas, bahwa Gusdurian sama sekali tidak berpolitik,”tegasnya.
Dengan kata lain, lanjut dia, Gusdurian mulai dari pusat sampai daerah benar-benar bersih dan netral dari tujuan itu. Memang benar, bahwa dalam lingkup keluarga Gus Dur itu mempunyai peran dan tugas sesuai bidang masing-masing, sehingga tidak saling bersinggungan.
Untuk Yenny Wahid, memang bergerak ke ranah politik sehingga dalam pernyataan yang bersangkutan memberikan dukungan terhadap pasangan calon Presiden Jokowi-Amin, hal itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan Gusdurian pimpinan Alissa Wahid. Untuk Gusdurian ini, khusus bergerak di bidang sosial.
Karena itu, dalam pemilu nanti sikap politiknya setiap individu adalah netral sehingga tidak ada lagi yang salah dalam memahami keberadaan Gusdurian. Sehingga upaya pengggalangan bantuan kemanusiaan yang dilakukan ini benar-benar murdi dari kepentingan politik apa pun, karena hanya satu tekad, yaitu berbuat sekecil apa pun untuk sesama itu sangatlah mulya.
Apalagi apa yang menjadi tujuan gerakan ini, memang semata-mata dilanasi ketuusan, keikhlasan, dan kepedulian terhadap saudara-saudara kita sesama anak bangsa yang tengah tertimpa musibah. ”Atas dasar alasan itulah, kami mengajak siapa saja untuk merasa sama-sama peduli terhadap saudara-saudara kita di Palu,”katanya.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Sentuhan Seni Budaya Daerah Pati Lebih Banyak Dibanding Daerah Lain
Next post Hj Siti Asiyah SE; Perespons Awal GOTAP FWP
Social profiles