Polres Pati Gandeng Komunitas Ayo Peduli Bagi-bagi Nasi

Salah seorang personel jajaran Polres Pati tengah menyerahkan nasi kotak kepada penarik becak di lingkungan kawasan Alun-alun Simpanglima Pati. Anggota jajaran personel lainnya membagi makanan yang sama bersama Komunitas Ayo Peduli Pati, di lokasi lain dalam Kota Pati.(Foto:SN/dok)


SAMIN-NEWS.COM PATI – Dinamika setiap personel dalam sebuah lembaga seerti di jajaran lingkungan Polres Pati, adalah tergantung dinamika dan kreativitas pemimpinnya. Di bawah kepemimpinan Srikandi, AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, kepekaan dan kepedulian terhadap hal-hal kecil yang mungkin bagi orang tidak menarik, di bawah kepemimpinan yang bersangkutan ternyata mempunyai nilai plus.
Tidak hanya itu, dari satu sisi pelaksanaan tugas perempuan Kapolres ini justru membuahkan banyak simpati dalam menciptakan kebersamaan di tengah-tengah dinamika masyarakat yang sebenarnya masih mengharap contoh perilaku yang memimpin. Hal itu secara jujur banyak dimiliki dan melekat pada sosok diri, seorang perempuan Uri Nartanti Istiwidayati.
Setekah lima bulan betugas sebagai pelindung dan pengayoman masyarakat Pati Bumi Mina Tani, katanya, banyak hal yang bisa dijadikan media pembelajaran. Salah satu di antaranya, adalah bagaimana bisa menyelami setiap kelompok masyarakat yang pada dasarnya memiliki kesadaran sebagai makhluk sosial  yang memang senang berada pada pusaran lingkar komunitas.
Seperti dengan Komunitas Ayo Peduli Pati, misalnya, upaya menggandeng dan  mengajak untuk sedikit kepedulian terhadap sesamanya, dengan memberikan sedikit perhatian justru lebih memberi makna tentang apa itu peduli. ”Kendati hanya mempunyai sesuatu yang sedikit, justru muncul kebersamaan untuk berbagi,”ujarnya.
Kepada kelompok warga kurang beruntung, katanya lagi, tadi malam mulai pukul 18.15 s/d 19.30, kita bersama-sama membagikan nadi kotak. Semua itu bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan menjalin sinergitas antara ormas/komunitas dengan pihaknya, sehingga lebih merekatkan rasa persatuan dan menjalin ukhuwah.
Selebihnya tentu menumbuhkan rasa empati kasih sayang kepada sesama, mewujudkan kerukunan antarumat beragama, dan mewujudkan persatuan serta kesatuan untuk menjaga kebhinekaan. Selain itu tentu sedikit meringankan beban bagi mereka yang kurang mampu, serta upaya cooling system  menjelang Pe,ilub2019 agar tetap aman, damai dan tetap sejuk Kabupaten Pati.
Karena itu pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Ayo Peduli Pati yang sama-sama dan sepakat menjadwalkan. Yakni, pembagian nasi kotak akan dilaksanakan dalam sepekam sekali, yaitu tiap Jumat sehabis shalat maghrib.
Adaun lokasi maupun sasaran pembagiannya, yaitu para dhuafa, penarik becak, dan, pengamen, dan anak-anak jalan yang ditemukan berada di perempatan lampu merah. ”Di antaranya mulai dari perempatan Kalianyar, terminal, pertigaan Gemeces, pertigaan Ya’ik dan depan RSU RAA Sewondo Pati.”(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Sejarah Kelam Suku Bangsa Tionghoa Jauh Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan. Disarikan kembali dari berbagai sumber oleh:Eddy Siswanto (Ong Tjwan Swie)-Raja Air Mengalir
Next post Tindak Pidana korupsi terkait dengan pengelapan dalam jabatan
Social profiles