Lubang Pembuangan TPA Diterangi Nyala Listrik

Jalan menuju kawasan lubang penimbunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati yang sebelumnya bila malam hari gelap, kini muai diterangi nyala listrik sebanyak 15 titik.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI-Bagi yang menyukai suasana alami dan jauh dari hiruk-pikuk kebisangan kota di malam hari, silakan berkunjung di kawasan lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sukoharjo, Kecamatan Margorejo, Pati. Apalagi, mulai malam ini kawasan lubang penimbunan sampah sudah diterangi nyala lampu listrik.
Bahkan mulai ujung jalan menuju lokasi lubang penimbunan di sebelah selatan, sebanyak 15 titik lampu penerangan sudah terpasang. Akan tetapi belum seluruhnya bisa menyala malam ini, paling tidak kondisi tersebut bisa menghapius kesan sangar  kawasan lingkungan tersebut karena sudut-sudut yang sebelumnya bersuasana gelap sekarang  berubah terang.
Hal itu dibenarkan Kepala Seksi (Kasi) Kebersihan Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Sukiman. Dengan demikian, jika setiap saat adik-adik Pramuka ada kegiatan berkemah, maka suasana lokasi sekitarnya tidak terlalu gelap karena di titik-titik pinggir jalan sudah berpenerangan.
Sedangkan lokasi untuk keperluan tersebut, biasanya memanfaatkan lapangan untuk latihan menembak jajaran Polres Pati. ”Mulai dari sisi timur lapangan itu sudah dipasang lampu penerangan, termasuk yang di sisi barat lapangan,”ujarnya.
Kendati demikian, masih kata dia, dengan kondisi yang terang sampai di titik sudut kawasan TPA, hal itu pasti mengundang pemburu unggas maupun binatang malam di kawasan tersebut. Apalagi, di sisi barat alur kali yang memisahkan kawasan TPA dengan kawasan hutan milik Perhutani KPH Pati, tentu akses ke lokasi kawasan tersebut tidak lagi gelap.
Dengan demikian, bagi yang mempunyai hobi berburu tentu akan memanfaatkan kesempatan dan suasana itu. Terlepas dari hal itu, pihaknya kini memang terus berbenah sehingga setelah pemasangan CCTV kini menyusul pemasangan lampu penerangan. Sehingga segala aktivitas siapa saja di kawasan lingkunga  TPA, baik siang maupun malam tetap terpantau.
Karena itu, akan lebih jika berkunjung ke TPA terutama pada malam hari adalah untuk kegiatan yang menarik secara berkelompok. Syaratnya juga tidak terlalu sulit, cukup menyampaikan pemberitahuan ke pihaknya, sehingga kawasan TPA baik siang maupun malam tetap terbuka bagi pengnjung, tapi jika tidak ada kegiatan apa-apa, biasanya pukul 21.00 palang pintu di gerbang masuk sudah ditutup.
Berkait pintu masuk maupun keluar, setelah nanti timbangan sampah yang hendak dibuang di lubang pembuangan, pada malam hari setelah pukul 21.00 juga akan dipasang palang penutup. ”Prinsipnya lingkungan TPA bisa digunakan untuk berkumpulnya komunitas, seperti yang sudah hampir satu tahun dilakukan oleh Forum Wartawan Pati (FWP),”imbuhnya.(sn) 

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Taman dengan Air Mancur dan Lampu Warna-warni Butuh Pemeliharaan Maksimal
Next post Air Mancur di Taman Stasiun Puri tak Bisa Berjoget Lagi
Social profiles