Lomba Masak Berkelompok Anak Bangsa yang Terpinggirkan di LI

Persiapan pelaksanaan lomba masak nasi goreng berkelompok para anak bangsa yang terpinggirkan di kompleks Lorong Indah (LI) Desa/Kecamatan Margorejo Pati, nanti siang mulai pukul 14.00 WIB.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Dari tahun ke tahun setiap memperingati Kemerdekaan RI upaya menaruh kepedulian terhadap anak bangsa yang terpinggirkan datang dari kelompok yang memegang komitmen bahwa Kemerdekaan adalah Hak Segala Bangsa. Dengan demikian kelompok penghuni kompleks Lorong Indah (LI) di Desa/Kecamatan Margorejo, Pati pun berharap tetap bisa menikmati kemerdekaan yang tiap tahun selalu kita peringati.
Salah satu kelompok yang selama ini konsisten menaruh dan mempunyai kepedulian terhadap mereka, adalah Kelompok Gusdurian Pati di bawah koordinator Eddy Siswanto bersama Kiai Heppy Irianto. Kali terakhir yang bergabung dalam kelompok ini adalah Ketua Umum Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP) di Jakarta, Firman Subagyo.
Dalam menyambut dan memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI, kata Ketua RT Lorong tersebut, Mastur, pihaknya dalam melaksanakan beberapa kegiatan selalu mendapat dukungan dari Muspika setempat. Sebab, hal itu menjadi salah upaya dalam melakukan pembinaan agar pada suatu saat ada di antara penghuni lorong ini bersedia bangkit dan keluar dari keterpurukan kehidupan.
Karena itu, katanya lebih lanjut, hari ini diselenggarakan lomba memasak nasi goreng secara berkelompok antarpenghuni pada pukul 14.00 nanti. ”Untuk sementara jumlah peserta yang ikut dalam lomba tersebut 20 kelompok, masing-masing beranggotakan tiga orang dengan yuri daari Persit Ranting 13 Koramil Margorejo Kodim 0718, Bhayangkari Polsek setempat, dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pati,”ujarnya.
Waktu pelaksanaan memasak nasi goreng, masih kata dia, selama satu jam mulai dari menyiapkan bumbu, memasak, dan penyajian. Kepada kelompok peserta yang keluar sebagai juara I mendapat uang pembinaan Rp 500.000, II Rp 300.000, dan III Rp 200.000, sehingga masih terbuka kesempatan bagi pihak-pihak yang simpati untuk ikut serta berpartisipasi.
Selain lomba di dalam lingkungan lorong, kegiatan utama adalah upacara peringatan HUT, Jumat (17/8) pukul 07.00 di halaman Pasar Hewan Margorejo dengan peserta 350 personel. Sedangkan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Dandim 0718 Pati, Letkol ARM Arief Darmawan, dan usai upacara biasanya dimeriahkan dengan lomba-lomba.
Akan tetapi untuk kali ini, lomba bagi kalangan penghuni lorong direncanakan berlangsung di dalam lingkungan, agar ganti suasana. Berkait hal tersebut   pihaknya masih akan berembug dengan warga karena pelaksanaan lomba dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI bisa dilaksanakan selama masih dalam bulan Agustus.
Terlepas dari rangkaian kegiatan tiap tahun para anak bangsa penghuni Lorong Indah, hal mendasar maksud dan tujuannya tak lain agar mereka tidak merasa sebagai anak bangsa yang tidak mempunyai kemerdekaan. ”Karena itu mereka tetap mempunyai hak untuk berdiri sama tegak dengan warga lainnya, dan hal itu sudah barang tentu membutuhkan tekad dan kemauan untuk keluar dari belenggu keterpurukan,”imbuh dia.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Warga yang Terpinggirkan di LI Berharap Tetap Mempunyai Kemerdekaan
Next post Semangat Anak Bangsa yang Terpinggirkan Memeriahkan HUT RI
Social profiles