Firman Subagiyo Ikut Bansos dalam Ritual Sembayang Arwah

Bersama Keluarga Besar Gusdurian dan Kelenteng Hok Tik Bio Pati Ketua Umum Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP) di Jakarta yang juga anggota DPR RI, Frman Subagiyo ikut ambil bagian dalam bakti sosial (Baksos) pemberian bantuan beras sebagai rangkaian ritual Sembayang Arwah. Anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng terlibat perbincangan serius dengan Bupati Haryanto yang hadir dalam acara tersebut bersama Kapolres Pati, AKBP Uri Nartanti Istiwidayati.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.COM PATI – Kepedulianya terhadap warga daerah asal kelahirannya, Ketua Umum Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP) di Jakarta, Firman Subagiyo ikut melaksanakan dan terjun  langsung dalam bakti sosial dengan menyerahkan bantuan beras. Hal itu dilakuikan kelompok Gusdurian setempat, dan juga pengurus Kelenteng Hok Tik Bio.
Kehadirannya secara pribadi dalam acara ritual Sembayang Arwah atau Sembayang Rebutan, karena anggota DPR yang bersangkutan, kini juga sudah bergabung dalam Kelompok Gusdurian Pati. Sebagai koordinator  Kelompok Gusdurian setempat selain Kiai Heppy Irianto juga Eddy Siswanto, dan selama ini juga Ketua Umum Kelenteng se-Kabupaten Pati.
Hadir dalam kesempatan itu, selain Bupati Haryanto juga jajaran Forkopimda lainnya termasuk Kapolres Pati, AKBP Uri Nartanti Istiwidayati. Selain keduanya, hadir pula Dandim 0718 Letkol Arm Arief Darmawan, dan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga kabupaten setempat, Sigit Hartoko, serta tamua undangan lainnya dari lintas agama.
Untuk bakti sosial sebagai penutup rangkaian acara ritual Sembayang Arwah tersebut, kata Firman Subagiyo, pihaknya mengalokasilan bantuan beras sebanyak dua ton. ”Jika dari Pak Eddy Siswanto sudah mengalokasikan 6 ton, maka bras yang dibagi-bagikan kepada warga berekonomi pas-pasan itu seluruhnya berjumlah 8 ton, sehingga bisa diberikan kepada 2.000,”ujarnya.
Sebab, katanya lagi, beras untuk baksos yangh dibagikan dengan menggunakan identitas penerima berdasarkan kupon yang sebelummya dibagikan itu masing-masing dengan kemasan lima kilogram. Selebihnya sebanyak 500 kilogram dicadangkan kepada mereka yang datang secara langsung, tanpa disertai pembagian kupon oleh panitia.
Dengan baksos yang langsung mengarah pada sasarann penerima tersebut, pihaknya akan terus mengupayakan bersama-sama kelompok Gusdurian.Apalagi, ketersedian bahan tersebut selalu dibutuhkan masyarakat sehingga dia sebagai putra asli Pati terpanggil untuk ambil bagian, dan juga meluangkan waktu untuk menyerahkannya secara langsung kepada penerima.
Apalagi sekarang ini, dia juga juga sudah ikut bergabung dalam kelompok tersebut karena menjadi bagian dalam pengabdiannya kepada daerah asal. Sehingga kepeduian terhadap warganya pun akan selalu dilakukan, karena itu pihaknya pun dipercaya sebagai Ketua Umum IKKP , di mana warga Kabupaten Pati yang berada di Jakarta ikut bergabung di dalamnya.
Melalui ikatan keluar besar ini dia pun mengharap agar mereka tetap mempunyai ikatan emosional dengan daerah asalnya, seperti apa yang selama ini dilakukan. ”Sebab, kami memang asli orang Pati, sehingga sudah semestinya jika ikut mempunyai kepedulian terhadap mereka dalam banyak hal sebagai Wakil Rakyat,”imbuh dia.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Mbah Joko ketua Team Pengawal H.Halim
Next post Saat Sandang dan Pangan Diperebutkan dalam Rangkaian Sembayang Rebutan
Social profiles