TNI Belum Terima Hipakad

Dandim 0718 Pati Letkol ARM Arief Darmawan tengah memberikan arahan pada pengukuhan DPC Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Pati periode 2018-2023.(Foto:SN/aed)



SAMIN-NEWS.COM  PATI – Kendati kepengurusannya periode 2018-2023 sudah dikukuhkan sebagai organisasi kemasyarakatan (Ormas), tapi Komando Atas belum menerima keberadaan DPC Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD). Sebab, petunjuk teknis (juknis)   berkait hal itu sampai sekarang belum ada.
Dengan demikian, Kodim 0718 Pati juga belum menerima keberadaan HIPAKAD Pati tapi mempersilakan untuk bergabung dengan ormas lain yang sudah ada, seperti Pemuda Panca Marga (PPM) . Semua itu juga berada di bawah koordinasi Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (FKKPI).
Sebenarnya, kata Dandim 0718 Pati, Letkol ARM Arief Darmawan, keberadaan HIPAKAD itu bukan baru tapi sudah lama, sehingga pihaknya tidak menginginkan permasalahan yang pernah muncul kembali terulang. Sebab, waktu bertugas di Kodam IX Udayana Bali, dia adalah pelaku sejarah yang harus menghadapi dan menuntaskan permasalahan yang pernah muncul menyangkut ormas di lingkungan TNI.
Dari pengalaman sejarah tersebut, pihaknya mengharap agar HIPAKAD di Pati bisa berjalan seiring bersama ormas lain, sehingga suasana sejuk dan damai bisa tercipta. ”Karena itu kami akan selalu memantau perkembanganya, dan kami harap tetap berperan aktif bersama ormas lain,”ujarnya.
Dalam kesempatan sama Dandim juga mengingatkan bahwa dalam menghadapi tahun politik, HIPAKAD juga jangan melibatkan diri dalam politik praktis. Dampak dari itu pasti akan mengundang permasalahan, kecuali hal itu dilakukan secara perorangan sehingga tidak membawa-bawa organisasi ke ranah politik.
Biasanya hal itu akan terjadi, karena adanya pihak-pihak pembonceng yang sengaja memanfaatkan kesempatan tersebut. ”Dengan demikian, HIPAKAD sebagai ormas harus tetap dalam posisi netral dan tidak mudah terseret masuk ke ranah dukung mendukung secara kelembagaan.”
Ketua DPC HIPAKAD Pati, Dirgahayu Irawati mengungkapkan keinginannya untuk bisa melaksanakan kegiatan yang bersifat positif di daerahnya. Karena itu dia memohon arahan serta dukungan semua unsur dan jajaran pemerintah daerah, agar bisa melaksanakan kegiatan sebaik-baiknya.
Di sisi lain pihaknya juga siap mengawal dan menjaga NKRI, dan hal itu merupakan komitmen sebagai ormas putra-putri keluarga Angkatan Darat (AD). ”HIPAKAD Pati Sengkuyung Tumuji Raharjaning Putra Serdadu,”katanya.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Musim Partai Siapkan Kadernya Nyaleg
Next post Jangan Berhenti Sebagai Santri Penghafal Al-Quran
Social profiles