SMA 2 Pati Serahkan Dua Ekor Kera ke TPA

Personel Tata Usaha SMA 2 Pati, Zibair dan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati, menyerahkan dua ekor kera lengkap dengan kandangnya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sukoharjo, Pati.(Foto:Sn/aed)

SAMIN-NEWS.COM  PATI – Lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sukoharjo,  Kecamatan Margorejo, Pati, hari ini penghuninya bertambah. Diua ekor kera yang selama ini dipelihara SMA 2 di Jl A Yani Pati, diserahkan untuk diperliahara pihak TPA yang sebelumnya juga sudah memelihara sejumlah satwa yang sama.
Penyerahkan tersebut diikuti juga dengan kandang yang menjadi tempat memelihara kedua satwa tersebut, dan kini diletakkan bersebelahan. Kendati satwa itu sejenis, tapi selama ini belum saling mengenal, sehingga penempatannya pun terpisah, karena untuk adaptasi tentu membutuhkan waktu relatif lama.
Dengan demikian, Kasi Kebersihan Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) setempat, Sukiman, pihaknya besar kemungkinan tidak akan mencampur satwa itu. Apalagi, penyerahannya yang dilakukan Bagian Tata Usaha (TU) sekolah yang bersangkutan, Zubair didampingi M Ikhsan dari Dinas LH juga lengkap disertai kandangnya.
Selain itu, kondisi kandang juga cukup representatif dalam bentuk silinder dengan tinggi lebih dari dua meter, sehingga satwa di dalamnya juga leluasa bergerak. ”Bagi para pengunjung yang hendak melihat, dan ikut memberinya makan juga diminta untuk hati-hati,”ujarnya.
Sebab, kondisi kandang dalam bentuk silender tersebut, besi yang menjadi pagar keliling masih punya celah anak-anak memasukkan tangannya. Karena itu, ketika anak-anak berada di tempat tersebut henfaknya diwaspadai, agar tidak memberi makan dengan masukkan bagian tangannya di sela-sela pagar besi tersebut.
Jika terpaksa, lebih baik memberinya makan buah menggunakan bila bambu sebagai penghantar, mengingat satwa jenis itu sekali pun tampak jinak kadang-kadang seketika berubah liar. Apalagi, biasanya pemberi makan itu juga sering menggoda, sehingga pada puncak kejengkelannya satwa itiu bisa saja balas menyerang.
Berdasarkan kondisi tersebut, lebih baik pengunjung terutama anak-anak hendaknya dijauhkan dari upaya memberi makan tapi disertai menggoda. Atau paling aman, jika memberinya makanan seperti kacang dan yang bisa dilempar lewat celah pagar lebih baik dilempar saja.
Bertambahnya dua ekor kera tersebut yang diserahkan ke pihaknya hal itu merupakan mandat dari SMA 2, untuk dipelihara sebaik-baiknya. ”Disertai ucapkan terima kasih, kelanjutan upaya memelihara sepenuhnya menjadi tugas kami,”katanya.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Penyerahan DPSHP dan Penyerahan Hasil Verifikasi Kelengkapan Administrasi
Next post Tamu Kampus Kehidupan TPA, Beri Informasi Ekspor Buah Sukun
Social profiles