Sepuluh Parpol Selesai Menyerahkan Penerimaan Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pati, Adjie Sudarmadji (berdiri) menunggui pencocokan berkas kelengkapan persyaratan penerimaan pengajuan bakal calon anggota DPRD dari partainya sampai pukul 19.00 tadi.(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Sampai pukul 19.00 WIB batas hari terakhir penerimaan pengajuan bakal calon anggota DPRD ke KPU Kabupten Pati, sebanyak 10 parpol selesai melakukan dan berkas dinyatakan lengkap. Jika masih ada yang perlu diperbaiki, kesempatan tersebut diberikan kepada setiap parpol peserta pemilu mulai Minggu (22/7) sampai Selasa (31/7) mendatang.
Selesai penerimaan pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Pati periode 2019-2024 pada urutan kelima siang tadi pukul 11.30 oleh PDI-P, berikutnya auala KPU di Jl Kolonel Sunandar kembali dalam suasana lengang. Akhirnya berturut-turut menyusul datang partai lainnya, sehingga sepuluh parpol semuanya selesai menyerahkan penerimaan pengajuan bakal calon anggota DPRD kepada KPU.
Menurut salah seorang personel KPU yang bersangkutan, Supriyanto Vijai, parpol urutan keenam yang datang ke pihaknya Gerindra untuk menyerahkan penerimaan pengajuan bakal calon anggota DPRD dari partai itu. Dari kuota jumlah untuk setiap daerah pemilihan (dapil) sesuai ketentuan, dan bahkan untuk kuota perempuan mencapai mencapai 20 orang atau 40 persen.
Masing-masing dari Dapil I ( 3 orang), II (4), III (5), IV (3) dan V (5), serta bakal calon laki-laki 30 orang (60 persen). ”Yakni, untuk Dapil I (7), II (7), III (5), IV (5) dan Dapil V 6 orang,”ujarnya.
Berikutnya, masih kata dia, di urutan ketujuh menyusul PPP dengan bakal calon sebanyak 50 orang, yaitu kuota perempuan sebesar 30 persen terpenuh. Yakni, dari Dapil I (3), II (5), III (3), IV (3), dan Dapil V (4) atau seluruhnya  18 orang, serta bakal calon laki-laki  32 orang, dari Dapil I (7), II (6), III (7), IV (5), dan V (7).
Menyusul yang datang di urutan kedelapan, adalah Perindo dengan menyerahkan pengajuan berkas untuk 42 bakal calon, terbanyak justru perempuan karena mencapai 22 dan laki-laki hanya 20 orang. Secara rinci untuk kupta perempuan dari Dapil I (6), II (4), III (4), IV 3), V (5), dan laki-laki Dapil I (4), II (3), III (5), IV (2), V (6).
Sedangkan yang datang ke KPU di urutan kesembilan, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 50 bakal calon, dan lagi-lagi dengan kuota perempuan paling banyak karena 28 orang. Masing-masing Dapil I (4), II (7), III (6), IV (5), dan V (6), tapi untuk bakal calon laki-laki hanya 22 dari Dapil I (6), II (4), III (4), IV (3) dan V (5).
Di urutan kedatangan kesepuluh adalah Partai Golkar dengan melakukan penerimaan pengajuan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Pati ke pihaknya sebanyak 50 orang. ”Untuk kuota perempuan juga mencapai 40 persen, yaitu dari Dapil I (3), II (4), III (3), IV (5) dan V (5), serta bakal calon laki-laki 30 orang dari Dapil I (7), II (7), III (7), IV (3), V (6).”(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Perum Bulog Kenalkan Produk Beras Renteng kepada Masyarakat
Next post Partai Berkarya Menyusul di Belakang Golkar
Social profiles