TNI dan Polri Dilibatkan Mempersiapakn Makanan Pembatal Puasa

Tiga Danramil, masing-masing Kapten Inf Suyatno (Pati), Kapten Inf Yahudi (Juwana) dan Kapten Inf Sriyanto (Margorejo) bersama Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0718 Pati, ikut mengkemas makanan dan minuman untuk mensegerakan (takjil) pembatalan puasa, di Klenteng Hok Tik Bio Pati.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.COM  PATI-Sedikitnya 4.000 bungkus makanan dan minuman berupa kolak untuk mensegerakan (takjil) pembatalan puasa Ramadan, Minggu (3/6) kemarin kembali disediakan oleh Kelompok Gusdurian Pati bersama Kodim 0718, Polres, Ansor, dan Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP) di Jakarta. Lokasi sasaran pembagiannya untuk kali kedua, sore nanti di kawasan Alun-alun Juwana.

Sedangkan pembagian makanan dan minuman yang sama kali pertama di lakukan awal pekan puasa Ramadan lalu, di perempatan Jago, di Jl Pemuda Pati. Pelibatan TNI dan Polri, serta komunitas masyarakat lainya, termasuk IKKP di Jakarta yang diketuai anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo, hal itu sudah menjadi agenda rutin tiap bulan Suci Ramadan.

Dandim 0718 Pati, Letkol Arm Arief Darmawan dalam kesempatan berbincang saat persiapan kegiatan tersebut mengatakan, setelah lima bulan bertugas di Pati sebagai penanggung jawab teritorial wilayah ini, dia mulai menemukan indahnya kebersamaan dan dinamika masyarakat. Seperti dengan Kelompok Gusdurian yang terus peduli untuk berbagi, menjadi catatan tersendiri.

Hal sama juga banyak ditunjukkan oleh kelompok masyarakat lainnya, baik dalam keseharian maupun saat pihaknya harus melaksanakan TMMD, di Desa Godo, Kecamatan Winong, Pati, beberapa waktu lalu. ”Karena pelaksanaan program tersebut dilombakan di tingkat nasional, Kodim 0718  Pati meraih juara II,”ujarnya.

Semua itu, katanya lagi, adalah berkat kebersamaan oleh seluruh komponen anak bangsa ini, termasuk terjalinnya sinergitas dengan jajaran Polri yang merupakan dua kekuatan dan kebersamaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena itu, kendati di luar kedinasan maka kebersamaan dan sinergitas yang sudah terjalin ini harus lebih ditingkatkan.

Apalagi, jika banyak kelompok masyarakat yang selalu menjalin kebersamaan maka terciptanya kepedulian untuk berbagi terhadap sesama akan menjadi warna tersendiri di Pati. Sebagaimana yang dilakukan IKKP di Jakarta, wadah keluarga besar Kabupaten Pati ini bersama Perum Bulog yang direkturnya juga asal Pati, selama dua hari berturut-turut membagikan paket sembako gratis kepada para duafa, di enam desa dari tiga wilayah kecamatan.

Selain di Desa Bakaran Kulon dan Bakaran Wetan, Kecamatan Juwana, paket yang sama juga dibagikan kepada kaum duafa di Desa Ronggo dan Sumberarum, Kecamata Jaken. Menyusul dua desa lainnya, yaitu Lengkong dan Kedalon, Kecamatan Batangan, sehingga nilai-nilai inilah yang menjadi bagian tak terpisahkan antara jajaran TNI dan Polri dengan masyarakat.

Dalam konteks yang lebih besar lagi, bagian ini merupakan bentuk kebersamaan untuk menjaga keutuhan NKRI. ”Karena itu, kami bersama Ketua IKKP Pak Firman Soebagyo, dan juga dengan Koordinator Gusdurian, Pak Eddy, dan Kiai Heppy, serta komponen masyarakat lainnya dengan senanng hati melakukannya.”(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Konsekuen dengan Komitmen Untuk Terus Berbagi
Next post Lingkungan TPA Sukoharjo Dilengkapi CCTV
Social profiles