PPK Mulai Hitung Manual Perolehan Suara Pilgub

SAMIN-NEWS.COM  PATI – Seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sejak Kamis (28/6) lalu ada yang memulai melakukan pleno penghitungan suara manual hasil pemilihan Gubernur Jawa Tengah, dan hal tersebut dijadwalkan hingga Selasa (3/7) pekan depan. Hal itu akan dilanjutkan dengan pleno penghitungan di KPU, sesuai jadwal Rabu (4/7) s/d Jumat (6/7).

Mengingat Jumat hari pendek, maka KPU akan melakukan penghitungan Kamis (5/7) sehingga diharapkan dalam waktu satu hari tersebut semua bisa dituntaskan, karena dari seluruh PPK laporan masuk maksimal Rabu. Dengan demikian, hasil penghitungan manual tersebut adalah dasar resmi penetapan perolehan suara masing-masing pasangan calon gubernur.

Salah seorang personel KPU setempat, Imbang Setiawan membenarkan hal tersebut, karena semua sudah terjadwalkan sehingga tugas pihaknya adalah melaksanakan semua tahapan sesuai jadwal. Sebab, untuk pleno penghitungan suara KPU Jawa Tengah akan berlangsung Sabtu (7/7) s/d Senin (9/7).

Dengan selesainya penghitungan suara di KPU Jawa Tengah, maka berakhirlah seluruh tahapan pelaksanaan pilgub Jawa Tengah, sehingga tinggal menunggu pelaksanaan pelantikan calon gubernur terpilih periode 2018-2023. ”Selesainya seluruh tahapan, tugas lain yang harus segera kami persiapkan adalah pemilu serentak 2019,”ujarnya.

Berkait hal tersebut, pihaknya mengharap bagi siapa saja yang hendak mencalonkan diri sebagai calon legislatif agar mulai melakukan persiapkan, utamanya kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan. Dengan demikian, setiap peminat tentu harus jelas berasal dari partai apa, baik calon legislatif kabupaten dan provinsi.

Untuk calon legislatif pusat/DPR RI pendaftarannya ke KPU provinsi masalahnya menyangkut daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah. Untuk keperluan tersebut sampai saat ini masih menunggu peraturan KPU yang belum turun ke daerah, tapi jika masing-masing sudah mempersiapkan diri sejak awal tetap lebih baik.

Terlepas dari hal itu, hasil perolehan suara dalam pilgub di Pati, sesuai hasil data entri sistem informasi penghitungan suara KPU, pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin mengantongi suara sebanyak 336.892 suara (58,50) persen. Sedangkan pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziah 239.004 suara (41,50) persen.

Dari hasil  perolehan suara itu, maka penetapan kemenangan pasangan calon terpilih tinggal menunggu penetapan rapat pleno penghitungan KPU Jawa Tengah. ”Hasil penghitungan terakhir sesuai jadwal, Senin (9/7) mendatang,”imbuh Imbang Setiawan.(sn)
 

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Zonasi PPDB Masih Diperdebatkan
Next post Artis kota Pati,Mas Hendri maknyos tenan
Social profiles