KPU Musnahkan Sisa Surat Suara

SAMIN-NEWS.COM PATI-Pukul 13.00 ini KPU Pati akan memusnahkan sekitar 554 lembar sisa dari surat suara sebanyak 1.039.386 termasuk cadangan 2,5 persen. Hal itu menyusul telah terdistribusikannya logistik tersebut ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang hari ini diharapkan dudah sampai di tingkat panitia pemungutan suara (PPS) pemilihan Gubernur (Pilgub), di tiap desa/kelurahan.

Dengan dimusnahkannya sisa surat suara tersebut, maka dipastikan tidak ada lagi kekurangan kebutuhan itu bagi para pemilih karena sudah tersediakan cadangannya. Kendati demikian, untuk menyaksikan pemusnahan itu KPU tetap mengundang semua pihak terkait, untuk menghindari timbulnya hal-hal tak diinginkan.

Hal tersebut, kata salah seorang personel KPU setempat, Imbang Setiawan, diikuti dengan penandatanganan berita acara (BA) oleh para saksi, di antaranya dari unsur panitia pengawas. Atas dasar itu kesiapan pelaksanaan pilgub, Rabu (27/6) besok sudah tidak ada kendala khususnya pendistribusian logistik, baik bilik maupun kotak suara.

Karena itu, keberhasilan penyelenggaraan pilgub tentu tidak hanya  terukur dari tingkat partisipasi kehadiran para pemilih, melainkan juga kesiapan pendistribusian logistik. ”Tapi yang tidak kalah penting, tentu terciptanya situasi kondusif di daerah, dan itu tak lepas dari peran jajaran aparat keamanan yang tetap berdiri di atas sikap netralitas,”ujarnya.

Dari contoh itu, masih kata Imbang Setiawan, jajaran lain seperti kalangan aparatur sipil negara (ASN) juga diimbau jangan abai terhadap asas netralitas sebagai pemilih. Karena untuk memberikan dukungan pasangan calon, hal itu cukup diberikan saat berada di dalam bilik suara, itulah sebuah bentuk netralitas yang harus junjung tinggi.

Terlepas daru hal itu, secara keseluruhan persiapan pelaksanaan Pilgub Jawa Tengah di Pati, benar-benar sesuai harapan bersama, yaitu tetap terjaminnya situasi daerah yang benar-benar kondusif. Apalagi, dari pantauan di lapangan saat ini tiap-tiap PPS juga menyiapkan lokasi tempat berlangsung pemungutan suara, yaitu TPS sesuai dengan jumlah pemilih.

Berdasarkan BA serah terima surat suara untuk KPU Pati sebanyak 1.409.166, tapi menurut perhitungan justru 1.049.981, dan kebutuhan riil 1.039.386 dengan kondisi baik 10.041 dan rusak 554.  Tapi perlu dipahami, bahwa terjadi kelebihan kirim surat suara dari percetakan yang masih baik sebanyak 10.041 tetap ditarik kembali oleh pihak percetakan.

Hal tersebut akan disampaikan secara terbuka saat berlangsung pemusnahan, sehingga tidak salah dalam memahami tentang banyaknya kelebihan surat suara yang diterima KPU dari pihak percetakan. ”Rangkaian kesiapan penyelenggaraan pilgub, nanti petang pukul 18.30 kami juga akan menyelenggarakan doa bersama jajaran forkopimda,”imbuh Imbang Setiawan.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Mengungkap Peradaban Usang Pati Tempo Dulu (lanjutan)
Next post Gusdurian Ajak Nobar Piala Dunia di Kelenteng Hok Tik Bio
Social profiles