Hari Ini Pengiriman Logistik Pilgub ke PPK

Mendapat pengawalan pihak kepolisian dan Linmas, semua kebutuhan logistik untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, hari ini mulai didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).(Foto:SN/aed)


SAMIN-NEWS.COM  PATI – Hari ini sejak pukul 08.00 pihak KPU Kabupaten Pati mulai mendistribusikan logistik baik kotak suara, bilik suara dan surat suara untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selanjutnya oleh panitia di tingkat kecamatan harus segera dikirim pula ke panitia pemungutan suara (PPS).
Sebab, Rabu (27/6) pekan depan logistik tersebut sudah harus digunakan dalam pelaksanaan pilgub oleh warga di setiap desa, di mana untuk Kabupaten Pati terdapat 2337 tempat pemungutan suara (TPS). Sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang berhak menggunakan hak pilihnya sebanyak 1.012.566.
Dengan demikian, kata Ketua KPU setempat, Much Nasich, surat suara yang harus dikirim adalah sesuai jumlah DPT ditambah cadangan 2,5 persen. Karena itu diharapkan para pemilih yang sudah tercantum dalam DPT, pada hari H pelaksanaan pilgub diharapkan hadir ke TPS-TPS di lingkungan tempat tinggal masing-masing.
Gunakanlah hak pilih yang merupakan  hak konstitusi setiap warga negara, untuk memilih pemimpin di Jawa Tengah lima tahun ke depan. ”Mengingat hal tersebut, hak konstitusi inilah yang akan menentukan pemimpin di provinsi yang benar-benar bisa melayani masyarakat di Kabupaten Pati, karena Pati merupakan bagian dari provinsi ini,”ujarnya.
Atas dasar itu, masih kata dia, gunakanlah hak pilih sesuai aspirasi masing-masing karena dalam kesempatan pilgub kali ini terdapat dua pasangan calon. Sehingga pemilih tentu sudah mempunyai pilihan masing-masing, maka kesempatan tersebut hendaknya jangan sampai dilewatkan dan diabaikan.
Karena itu, pendistribusian logistik sudah dijadwalkan secara maksimal yang dimulai hari ini di PPK terdekat, yaitu Kota Pati. Disusul siang hari ke empat PPK lainnya, sehingga hari ini lima PPK sudah akan menerima logistik, khususnya kotak dan surat suara karena untuk bilik suara sebanyak 4.674 dikirim tersendir yang juga dimulai hari ini.
Khusus pengiriman bilik suara hanya dilakukan menggunakan satu unit truk pengangkut, tapi tugasnya mengirim material logistik itu ke seluruh PPK. Sedangkan untuk pengiriman kotak dan surat suara dijadwalkan berlangsung tiga hari, sehingga Senin (25/6) sudah tuntas, karena Minggu (24/6) besok akan menyusul pengiriman logistik itu ke 9 PPK lainnya.
Sisanya pada hari terakhir pengiriman ke 7 PPK, sehingga dari PPK yang bersangkutan masih ada kesempatan satu hari mengirim logistik itu ke PPS di tiap desa. ”Rabu (27/6), warga Pati bersama warga di kabupaten/kota lainnya bersama-sama memilih Gubernur Jawa Tengah untuk lima tahun mendatang, 2018-2023,”imbuh Much Nasich.(sn)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Memecahkan Kerasnya Permasalahan Kehidupan
Next post Stabilitas Pangan Terganggu Stabilitas Negara Terganggu
Social profiles