Ikatan Mahasiswa UNNES Pati Tanam Mangrove di Pantai Idola

Ikatan Mahasiswa Pati (IMP) Universitas Negeri Semarang tanam 500 bibit mangrove di Pantai Idola

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pati Universitas Negeri Semarang tanam 500 bibit mangrove di Pantai Idola Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Pati pada Minggu (4/12/2022). Ini dilakukan sebagai kepedulian mereka terhadap ekosistem di kawasan pantai.

Ketua Panitia, Mahendra menyebutkan bahwa di Pantai Idola tak ada tanaman mangrove. Terlebih, dia menilai ombak di pantai tersebut cukup besar, sehingga dengan ditanamnya mangrove ini dapat menjaga dari abrasi maupun ekosistem.

“Semoga dapat memberi manfaat bagi lingkungan. Selain itu penanaman mangrove juga diharapkan dapat berperan dalam mengatasi masalah banjir dan mengurangi adanya abrasi pada kawasan pesisir,” ujar Mahendra.

Gerakan penanaman yang dilakukan ini merupakan salah satu agenda Hari Ulang Tahun (HUT) ke-34 Ikatan Mahasiswa Pati Universitas Negeri Semarang.

Selain itu, dirinya juga mengajak masyarakat utamanya pada generasi muda untuk lebih peduli dan peka terhadap lingkungan. Menurutnya penanaman mangrove ini adalah salah satu bentuk untuk peduli dengan lingkungan.

Sedangkan Ketua Ikatan Mahasiswa Pati (IMP) UNNES, Naim menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak akan mandek pada kali ini semata. Karena menurutnya, ini merupakan langkah awal untuk mengajak generasi muda lebih peduli pada lingkungan.

“Ini langkah awal untuk memulai dan mengajak generasi muda khususnya di Pati agar lebih peduli lingkungan. Ke depanya acara ini dapat berlangsung terus menerus setiap tahunnya dan lebih banyak lagi generasi muda yang ikut andil dalam acara ini,” jelasnya.

Sebagai informasi aksi peduli lingkungan tanam mangrove ini diikuti oleh 50 peserta yang seluruhnya dari mahasiswa asal Kabupaten Pati. Adapun acara dimulai pukul 09.00 s/d 12.00 WIB.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro usai rakor bersama dengan jajaran Forkopimda tentang penetapan status tanggap bencana Previous post Pemkab Pati Tetapkan Status Tanggap Bencana 1 – 14 Desember
Next post E-Koran Samin News Edisi 5 Desember 2022
Social profiles