Menilik Keseruan Proses Pembelajaran PAUD Tahfidz Ibnu Ruslan

SAMIN-NEWS.com, Pati – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang berfokus pada perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak. Pembelajaran juga harus diorganisasikan sesuai dengan minat-minat dan gaya belajar anak.

Pendidikan yang berorientasi pada pertumbuhan serta perkembangan anak ini membantu pola tumbuh kembang anak dalam usaha pembinaan sejak lahir sampai umur enam tahun. Selain itu fungsinya membantu dalam kesiapan ke jenjang pendidikan lebih lanjut yang diselenggarakan oleh lembaga formal maupun non formal.

Salah satu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini adalah PAUD Tahfidz Ibnu Ruslan, yang beralamat di Desa Puri , Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Dalam menjalankan tugasnya sebagai lembaga pendidikan, PAUD Tahfidz Ibnu Ruslan berfokus pada pengembangan potensi dan minat bakat anak.

Guru Pendamping PAUD Tahfidz Ibnu Ruslan Nila Firdayanti menuturkan pihaknya sering mengadakan kegiatan yang bertema “Pekerjaan”. Yaitu kegiatan yang berorientasi pada pengenalan suatu profesi atau bidang pekerjaan.

Pada kesempatan kali ini, peserta didik diajak terjun langsung ke area persawahan untuk merasakan dan memahami cara kerja sebagai petani.

“Tujuannya mengenalkan tempat dan tata cara bertani. Selain itu, melatih anak untuk tidak takut kotor, memberi pengalaman menanam padi secara langsung di sawah,” ujar Nila, Selasa (18/2/2020).

Pembelajaran dengan metode seperti ini diyakini sebagai model pembelajaran yang efektif. Menurutnya, anak bisa melihat dan mengaplikasikan secara langsung apa yang mereka pelajari.

“Sebelum turun ke sawah, anak-anak dibekali wawasan serta pengetahuan tentang profesi petani. Anak-anak diberi pengarahan tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk menanam padi dan apa saja peralatan yang dibutuhkan. Kegiatan ini diikuti oleh 28 anak serta didampingi oleh guru kelas,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post E-Koran Samin News Edisi 18 Februari 2020
Next post E-Koran Samin News Edisi 19 Februari 2020
Social profiles