Tagih Bantuan Puso, Petani di Pati Demo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ratusan petani menggelar aksi demo di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati pada Senin (10/6/2024). Mereka menagih bantuan puso supaya segera dicairkan.

Dalam aksinya mereka membawa poster beragam tulisan, spanduk hingga pengeras suara. Peserta aksi menagih bantuan stimulan puso dari Presiden Joko Widodo.

“Kami menagih janji Pak Jokowi saat berkunjung ke Grobogan, yang akan memberikan bantuan puso bagi petani gagal panen,” kata Nurhadi peserta aksi saat berorasi.

Ia menyatakan Presiden Jokowi pernah menyampaikan akan memberikan bantuan stimulan puso bagi petani yang gagal panen pada tahun 2023. Sehingga petani mengancam akan menggelar aksi yang lebih besar jika tidak kunjung terealisasi.

Sementara koordinator aksi Marzuki mengatakan, pada tahun 2023 lalu para petani di wilayah Kabupaten Pati banyak yang mengalaminya gagal panen.

Di sisi lain, menurutnya Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Grobogan, berjanji akan memberikan bantuan kepada para petani yang gagal panen. Hanya saja sudah setahun ini bantuan itu tak kunjung cair.

“Kami minta agar Presiden Jokowi segera merealisasikan janjinya karena ini sudah satu tahun lebih,” jelasnya.

Sedangkan dalam kesempatan itu, Kepala BPBD Pati Martinus Budi Prasetya menyatakan pemerintah pasti tidak dengan sengaja menunda penyaluran bantuan stimulan puso bagi petani.

Ia beralasan bahwa kendala yang dihadapi mengenai pencairan bantuan puso adalah faktor anggaran. Pasalnya dana yang dibutuhkan tidak sedikit.

“Kendala yang dihadapi yakni masalah anggaran. Di mana untuk wilayah Pati mencapai Rp 46 miliar. Sehingga pemerintah tidak bisa memberikan bantuan itu dalam waktu yang sama,” ungkap Budi.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Polisi Tetapkan 3 Tersangka Pengeroyokan Pengusaha Rental di Pati, Begini Peran Mereka
Next post Polisi Bekuk 1 Tersangka Lagi Kasus Pengeroyokan Sukolilo
Social profiles