Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Sedekah Bumi Desa Gajihan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sedekah Bumi merupakan tradisi yang biasa dilakukan oleh masyarakat di hampir semua Desa di Wilayah Kabupaten Pati, Bulan Apit dalam penanggalan Jawa hampir mayoritas Desa wilayah Kabupaten Pati menggelar tradisi Sedekah Bumi.

Serangkaian acara disusun sedemikian rupa oleh masing-masing pedukuhan, Seperti Kirab Budaya dalam rangka memeriahkan sedekah bumi Desa Gajihan Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati, Kamis (30/5/2024).

“Sebanyak 14 RT dari 3 RW dan masyarakat tumpah ruah dalam kegiatan tersebut, Mereka menampilkan beberapa gunungan hasil bumi dan kreasi lainnya, seperti Barongan, reyok, wayang orang, pakaian adat Jawa, regu senam dan masih banyak lainnya, Kirab budaya, diberangkatkan mengelilingi jalan desa.

Di sepanjang jalan Ribuan warga sudah menunggu sejak pagi , begitu Iring-iringan tiba, mereka pun sangat antusias menyaksikannya.

“Kepala Desa (Kades) Gajihan Susilo yudianto mengungkapkan, kita dari pemdes gajihan berharap supaya kedepannya warga desa gajihan bisa lebih baik dan gemah ripah lohjinawi toto tentrem kertoraharjo.

Untuk kegiatan hari ini kita adakan kirab budaya yang di ikuti oleh semua warga masyarakat desa gajihan dan untuk hari ini ada pagelaran wayang kulit, kemarin-kemarin sudah ada pengajian dan acara keagamaan untuk kedepan masih banyak hiburan lainnya.

“Ini adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas apa yang telah diberikannya berupa hasil panen yang cukup melimpah, sehingga warga desa gajihan terhindar dari kekurangan bahan pangan,” ungkapnya.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Previous post Lakukan Uji Organileptik, Dinkes Grobogan Pastikan Kondisi Makanan dan Minuman Jemaah Haji Aman
Next post Hari Ini Dua Kloter Jemaah Haji Asal Pati Dilepas
Social profiles