Dewan Sebut Hutan Lebat Masyarakat yang Untung

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati menyebut jika hutan lebat atau banyak pepohonan besar maka masyarakat yang diuntungkan. Hal ini disampaikan anggota DPRD, Sukarno.

Secara khusus hal tersebut ia sampaikan merespon wilayah Pegunungan Kendeng sebagai kawasan zona hijau berfungsi sebagai daerah resapan. Namun karena kondisi hutannya gundul membuat fungsi tersebut tidak berjalan seperti ekspektasi. Dan menjadi salah satu faktor penyebab banjir.

Dirinya menyebut tanaman buah termasuk merupakan tanaman keras mampu menjaga lingkungan. Di sisi lain katanya akan memberi keuntungan bagi masyarakat saat panen datang.

“Mudah-mudahan semua pihak lebih peduli menjaga kawasan hutan Pegunungan Kendeng. Karena manfaatnya kembali lagi kepada masyarakat,” terangnya.

Menurut Sukarno upaya reboisasi atau penghijauan dengan melakukan tanam pohon di Kendeng tidak bisa serta merta langsung dirasakan manfaatnya. Melainkan manfaat tersebut dirasakan jangka panjang.

“Upaya ini tanam pohon tidak bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, melainkan membutuhkan waktu,” tandas Sukarno. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dewan Dorong Pemkab Proaktif dalam Proses Serah Terima PSU
Next post Dewan Ajak Masyarakat Hijaukan Pegunungan Kendeng
Social profiles