Tak Hanya Baca Tulis, Faiza Sebut Anak PAUD Penting Dibekali 6 Fondasi Pembelajaran

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah tahap awal pendidikan yang penting untuk pembentukan pengembangan kemampuan anak sejak dini. Guna mewujudkan itu ada 6 aspek fondasi bagi perkembangan anak.

Bunda PAUD Kabupaten Pati, Faisa Henggar menekankan anak PAUD seharusnya tidak hanya diajari bagaimana cara membaca, menulis dan berhitung (calistung). Tetapi ada hal lain yaitu membangun pondasi dasar bagi anak-anak.

Hal itu ia sampaikan saat mengunjungi PAUD Tunas Saka di Kecamatan Wedarijaksa, Kamis (29/2/2024). Fondasi itu nantinya harus diberikan oleh para guru PAUD kepada anak didik.

Pembelajaran PAUD menurutnya dilakukan secara holistik atau menyeluruh. Yaitu dengan berpedoman dengan kurikulum yang telah ditentukan oleh pemerintah.

“Keenam fondasi tersebut yakni mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar,” ujarnya.

Kemudian, kematangan untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan belajar secara mandiri, dan pemaknaan belajar yang menyenangkan dan positif bagi anak didik.

Faiza menyampaikan bahwa periode transisi PAUD ke jenjang SD, dalam kegiatan belajar pembelajaran guru diminta untuk menghindari calistung.

Dirinya berharap melalui fondasi dasar pembelajaran tersebut, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan rasa empati hingga mempunyai keterampilan sosial dalam berinteraksi di lingkungannya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Sejumlah Warga Grobogan Diamankan Gara-gara Kepergok Judi melalui Aplikasi
Next post Warga Pati Turun ke Jalan Tuntut Usut Kecurangan Pemilu
Social profiles