Hujan Tiada Henti, Jalan Provinsi Pati-Grobogan Lumpuh

SAMIN-NEWS.com, PATI – Banjir yang menggenangi jalan raya Pati-Grobogan turut Kecamatan Kayen Kabupaten Pati membuat arus lalu lintas tersendat. Akibatnya beberapa kendaraan yang melintas mengalami mogok akibat ketinggian air yang mencapai 50cm.

Bambang Basudewo, salah satu pengguna jalan yang melintas mengatakan, banjir yang terjadi memang sudah seringkali menggenangi wilayah pusat Kecamatan Kayen akibat tingginya curah hujan.

“Kalau banjir memang sudah biasa disini, setelah hujan lebat pasti banjir. Banyak juga motor lewat kemudian mogok karena mesinnya mati,” ungkapnya, Rabu (13/3/2024).

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetya mengatakan, banjir yang terjadi di depan RSUD Kayen pada Rabu 13 Maret 2024 memang sudah menjadi langganan setiap hujan deras.

“Banjir di Alun-alun Kayen ini memang sudah tahunan ya. Jadi penyebabnya air dari daerah atas, Slungkep, Sumbersari, air turun ke wilayah Kayen tepatnya di depan RSUD Kayen,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Martinus, kawasan hutan di Pegunungan Kendeng yang sudah beralih menjadi lahan pertanian juga menjadi salah satu faktor penyebabnya.

“Penyebab karena rusaknya hutan daerah tangkapan air di sebelah atas. Hutan yang semestinya menjadi fungsi lindung sudah berubah menjadi tanaman semusim utamanya jagung,” jelas dia.

Masyarakat pun di imbau untuk selalu waspada akan kenaikan air mengingat intensitas hujan yang masih tinggi dan diprediksi akan bertahan dalam beberapa hari ke depan.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Previous post Rumah di Grobogan Rusak Tertimpa Pohon Setelah Hujan Deras Disertai Angin
Next post Gerakan Pasar Murah Harus Digencarkan
Social profiles