DPRD Minta Sungai di Pati Dilakukan Normalisasi

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sejak seminggu terakhir hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Pati. Fenomena alam ini mengakibatkan banjir melanda ke puluhan desa yang tersebar di 8 kecamatan.

Hal yang perlu untuk diperhatikan juga adalah pentingnya menjaga daerah aliran sungai. Sebab jika dibiarkan larut, sungai-sungai ini semakin bertambahnya waktu akan semakin dangkal. Maka perlu dilakukan pengerukan atau normalisasi.

Meskipun sungai besar di Kabupaten Pati yakni Sungai Silugonggo telah dilakukan normalisasi, namun nyatanya banjir tetap tidak terelakkan.

“Meminta kepada pemerintah untuk segera sungai-sungai di daerah dilakukan normalisasi. Aliran air sungai yang lancar akan mencegah dan menghindari terjadinya banjir,” ujar Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pati Ali Badrudin soal banjir di Pati.

Selain itu dirinya juga meminta semua desa untuk sigap terhadap saluran air atau drainase di wilayahnya masing-masing. Menurutnya jika sungai telah dinormalisasi namun saluran drainase di desa buruk. Maka, air juga akan mampet sehingga tergenang dan naik ke pemukiman warga.

Sehingga, Ali menyebut ketika daerah aliran sungai (DAS) serta drainase di semua wilayah berjalan dengan lancar. Maka hal itu diharapkan mampu meminimalisir atau mengurangi resiko terjadinya banjir.

“Kami mohon desa juga memperhatikan saluran-saluran air di wilayah jalan desanya. Supaya ketika terjadi hujan deras, maka airnya bisa lancar. Jadi resiko banjir bisa kita kurangi,” pungkasnya. (ADV)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Upaya Atasi Banjir, DPRD Minta Masyarakat Jaga Fungsi Hutan
Next post Hal Kecil Cegah Banjir, Dewan Ajak Terapkan Budaya Tertib Buang Sampah
Social profiles