Unik, Petugas TPS 10 Kluwan Gunakan Kostum Punakawan dan Adat Jawa Saat Coblosan

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Dalam Pemilu 2024 ini, Petugas TPS 10 di Desa Kluwan Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan memiliki gaya unik kenakan kostum punakawan.

Seluruh petugas PPS menggunakan pakaian adat khas Jawa Tengah dan Punakawan. Bagi yang perempuan menggunakan kebaya. Sementara untuk yang pria menggunakan beskap lengkap dengan blangkon.

Selain itu, Dekorasi berkonsep old and modern diperlihatkan di TPS 10 yang didirikan di halaman Balai Desa Kluwan.

“Kita mendekor TPS sesuai dengan tema hari ini, tepat tanggal 14 Februari 2024 ini bersamaan dengan Hari Kasih Sayang. Kita penuhi dengan balon sesuai dengan tema tersebut. Lalu, anggota KPPS menggunakan kostum Jawa dan juga pemeranan tokoh Punakawan ini dimaksudkan untuk sekalian kita nguri-nguri budaya Jawa,” jelas anggota KPPS Nafis Nala Nafiah.

Untuk penggunaan pakaian adat khas Jawa ini, para anggota KPPS menggunakan kebaya warna hitam untuk yang perempuan. Sementara, untuk petugas pria menggunakan beskap warna senada.

“Sebenarnya dengan konsep ini tujuannya untuk menarik warga agar antusias menggunakan hak pilihnya,” jelas perempuan yang akrab disapa Nala ini.

TPS 10 yang berada di Desa Kluwan, Kecamatan Penawangan ini melayani 194 DPT. Kehadiran empat tokoh Punakawan ini menyambut warga yang hendak menggunakan hak pilihnya di momen Pemilu 2024 ini.

“Alhamdulilah semua berjalan dengan baik. Segala persiapan yang kita lakukan sejak kemarin, bisa berjalan sampai detik ini,” ujar Nala.

Pihaknya berterima kasih kepada semua warga yang sudah berpartisipasi untuk menggunakan hak pilihnya di TPS 10 tersebut.

“Terima kasih untuk pemilih yang sudah menggunakan hak pilihnya di TPS 10 ini,” tutup Nala. (RR)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Ribuan Surat Suara Berlebih dan Rusak di Grobogan Dimusnahkan dengan Dibakar
Next post Korban Banjir Grobogan Masih Dapat Bantuan Kemanusiaan
Social profiles