Warga Desa Sitilihur Terima Sertifikat Tanah Gratis Program PTSL

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sebanyak seribu lebih warga Desa Sitilihur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati menerima sertifikat PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap) yang dilakukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pati di balai desa setempat, Selasa (9/1/2024). Penyerahan sertifikat dilakukan secara langsung oleh Pemerintah Desa (Pemdes) bersama dengan BPN Pati.

Kepala Desa Sitilihur Suyuti, mengatakan program ini merupakan yang kedua kalinya menyasar wilayah desanya setelah terkahir kali mendapatkan program serupa di tahun 2017 lalu.

“Hari ini kami membagikan PTSL kepada seribu lebih warga, alhamdulillah sudah selesai semua. Sebenarnya dari BPN memberikan memberikannya kuota tidak terbatas karena memang setiap tanah di Situluhur harus bersertifikat,” ucap Suyuti.

Dikatakan, sertifikat gratis melalui program PTSL merupakan gagasan dari Presiden Joko Widodo dalam rangka memberikan pengakuan atau hak atas kepemimpinan tanah secara gratis.

Suyuti berharap, dengan adanya sertifikat ini dapat mengurangi konflik antar warga yang diakibatkan kepemilikan lahan.

“Desa kami sudah dua kali ada pembagian PTSL. Pertama dulu di 2017 dan ini yang kedua. Intinya kami selaku Pemdes mewakili masyarakat mengucapkan banyak terimakasih atas pemberian sertifikat tanah ini,” imbuhnya.

Lantaran masih ada banyak warga yang belum mendapatkan sertifikat ini, pihaknya bakal kembali mengusulkan kepada BPN. Termasuk masyarakat Desa Sitilihur yang hendak mendapatkan sertifikat gratis, diharapkan dapat mengajukan proses administrasi ke balai desa.

“Sebenarnya bisa seribu lebih warga yang bisa mendapatkan sertifikat ini. Hanya saja baru ada seribuan warga yang sudah melengkung persyaratan administrasi untuk kemudiannya kita ajukan ke BPN,” tandasnya.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Previous post 8 Ribu Lebih Disabilitas di Pati Bakal Nyoblos di Pemilu 2024
Next post Peningkatan Jalan Karangrayung-Gadoh Dianggarkan Sebesar 5 M, Bulan Maret Akan Dieksekusi
Social profiles