Pintu Air Waduk Kenteng di Grobogan Rusak, Tanaman dan Lahan di 4 Desa Alami Kekeringan

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Pintu air timur makam Waduk Kenteng yang terletak di dekat lapangan Desa Kenteng Kecamatan Toroh alami kerusakan. Diduga, pintu air waduk yang rusak tersebut disebabkan efek curah hujan tinggi yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Hal tersebut mengakibatkan petani di empat desa yakni Desa Kenteng, Desa Ngrandah, Desa Tunggak Timur, dan Desa Waru lahannya kekeringan.

Menurut penuturan dari Ketua GP3A Desa Kenteng, Sri Widodo, petani yang paling terdampak yakni petani tanaman pangan dan petani holtikultura.

“Petani tanaman pangan dan petani holtikultura sangat terdampak. Mohon untuk ditindaklanjuti,” ujarnya pada Sabtu (13/1/2024).

Kondisi pintu air timur makam waduk tersebut mengalami kerusakan karena tulangan pintu menggunakan besi sambungan dan tidak kuat menahan air.

Padahal warga setempat sangat bergantung dengan air dari waduk tersebut karena untuk mengairi lahan.

Widodo berharap agar pintu air waduk tersebut cepat diperbaiki dengan kualitas yang lebih baik. Ia juga meminta dilakukan pengerukan waduk agar volume tampungan air lebih banyak.

Selain itu diperlukan penanaman tanaman penahan erosi di green belt waduk agar tanah sekelilingnya tidak terkikis.

“Kalau bisa juga ada penanaman tanaman penahan erosi di green belt waduk agar tanah sekelilingnya tidak terkikis yang mengakibatkan pendangkalan waduk,” ungkapnya. (RR)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Previous post Dewan Harap Pengisian Perades Berjalan Kondusif
Next post Kalah di Balikpapan, Pelatih Persipa Pati Mengundurkan Diri
Social profiles