Lurah Kalidoro Cerita soal Rencana Pembangunan Gedung Serbaguna

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pati rencananya di tahun 2024 akan membangun Gedung Serbaguna di Kelurahan Kalidoro, Kecamatan Pati. Nantinya gedung itu akan dikelola oleh kelurahan setempat.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Kalidoro, Mukhammad Ikhsan bercerita awal mula rencana pembangunan Gedung Serbaguna di wilayahnya itu.

Ikhsan cukup resah dengan tak adanya fasilitas representatif untuk kegiatan masyarakat. Dia membandingkan fasilitas kelurahan tetangga di mana telah memiliki hal tersebut.

“Di sini enggak ada fasilitas kegiatan masyarakat dan fasilitas olahraga untuk anak-anak sekolah.

Kemudian di sini ada asetnya Pemkab yang dulu miliknya Kelurahan Kalidoro kemudian kami ajukan ke OPD terkait untuk pembangunan gedung serbaguna,” ujar Ikhsan, Senin (15/1/2024).

Disampaikan Kelurahan Kalidoro, katanya mengajukan gedung serbaguna pada awal tahun 2023. Kemudian ditindaklanjuti pimpinan daerah dengan rapat OPD. Berikutnya, pihaknya koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) dan ternyata disetujui pembangunan gedung serbaguna secara bertahap.

“Kemudian kita koordinasi dengan PU, alhamdulillah untuk awal itu Rp 1 miliar pengurugan, pondasi, sama jembatan untuk akses kemudian pembangunan di tahun berikutnya setelah urugan padat. Untuk pembangunan gedungnya di 2025 mohon doanya semoga bisa langsung dieksekusi,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Cipta Karya pada DPUTR Pati, Arif Wahyudi mengatakan ukuran Gedung Serbaguna yang bakal dibangun sekitar 30×20 meter. Pagu anggaran untuk pembangunan gedung serbaguna sebesar Rp 3 miliar.

Akan tetapi, mengingat kesanggupan anggaran APBD Kabupaten Pati hanya tersedia Rp 1 miliar. Sehingga pengerjaan proyek tersebut berjalan bertahap yakni dengan membangun pondasi.

“Tanah itu adalah milik Pemda. Nanti dibangunkan Pemda, kemudian yang mengelola sana (Kelurahan Kalidoro), Jadi kalau ada acara bisa dipakai,” kata Arif.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Dishub Sebut Ribuan Kendaraan di Pati Mati Uji KIR
Next post Pengangguran di Pati Didominasi Lulusan SMA dan S1
Social profiles