Sri Wulan Dorong Pelaku UMKM Daftarkan Sertifikasi Halal

SAMIN-NEWS.com, PATI – Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi partai Nasdem Sri Wulan mendorong agar para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Pati untuk mendaftarkan sertifikasi halal produk yang dihasilkan karena sertifikasi halal itu gratis, Jumat (8/12/).

Hal ini disampaikan Sri Wulan saat menjadi narasumber pada acara Workshop Jaminan Produk Halal di Hotel New Merdeka bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia selaku mitra kerja Komisi VIII DPR RI.

Disebutkan banyak manfaat kalau sudah mendapatkan sertifikasi halal, produk-produk yang dijual mempunyai nilai tambah dan juga pembeli merasa nyaman Dia berharap para produsen memiliki kesadaran untuk mendaftarkan sertifikasi halal terhadap produknya.

Namun menurutnya, masih banyak kendala dalam proses sertifikasi, kendalanya masih lamanya terbit sertifikasi halal Hal ini menjadi masukan untuk di sampaikan dalam rapat kementerian,” ucapnya.

Sertifikasi halal secara nasional adalah 1 juta, dan ternyata sudah melebihi ada 1.400. Untuk Jateng target yang diberikan 209 ribu capaiannya lebihnya banyak 289 ribu, ada 80 ribu yang lebih.

Ini menjadi semangat bahwa target yang diberikan sudah terlampaui sangat jauh sekali. 2024 ditargetkan sertifikasi halal ini secara nasional adalah 10 juta.

Untuk mendapatkan sertifikasi halal ini, menurutnya bukanlah sesuatu yang sulit bagi para pelaku usaha karena ada petugas pendamping P3H dari Kementerian Agama yang akan memberikan sosialisasi, memberikan cara bagaimana mendaftarkan produk-produk untuk sertifikasi halal.

Memberi edukasi, mereka akan mengecek juga pembuatan bahannya, perawatan, tempat pembuatanya seperti apa, dan akan diarahkan ini standar pembuatan yang benar, mengajari pembuatan email, mengajari bagaimana melek teknologi.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Previous post Sidang Kasus Pajak Semen Grobogan Hadirkan Empat Saksi
Next post Caleg Harsono Kirim Ribuan Relawan dari Grobogan dan Sekitarnya ke Semarang
Social profiles