Diguyur Hujan Deras, Banjir Bandang Terjang Sukolilo

SAMIN-NEWS.com, PATI – Banjir bandang menerjang Desa/Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Selasa (5/12/2023) sekitar pukul 16.10 WIB. Peristiwa ini disebabkan lantaran sebelumnya wilayah tersebut diguyur hujan deras tak kurang dari sejam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya mengatakan banjir bandang di Desa Sukolilo diawali oleh curah hujan intensitas tinggi mulai pukul 15.00 WIB di kawasan pegunungan Sukolilo.

Setelah guyuran hujan ini, kemudian terjadi limpahan air sungai yang datang tiba-tiba. Ada dua lokasi yang terdampak banjir bandang tersebut. Pertama, kata dia, jalan raya Pati-Sukolilo tepatnya di depan Masjid Baitul Yaqin.

“Akibat limpasan aliran air sungai yang mengakibatkan jalan dan ruko-ruko tepi jalan raya kurang lebih jangkauan (sepanjang) 100 meter terdampak genangan air dengan ketinggian 10-50 cm yang meninggalkan lumpur,” ujarnya.

Lokasi kedua, yaitu di Dukuh Sanggrahan RT 01 banjir bandang menerjang 4 rumah milik warga setempat. Rumah-rumah ini tergenang air dengan ketinggian sekitar 20 – 50 cm.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan usai banjir bandang surut meninggalkan lumpur. Petugas kemudian membersihkan sisa banjir, yaitu melakukan penyemprotan lumpur di jalan.

“Saat ini air sudah surut dan warga mulai membersihkan lumpur yang masuk ke rumah. Dan tim TRC PB melakukan penyemprotan lumpur di jalan,” pungkas dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post BPBD Waspadai Potensi Longsor di 5 Kecamatan, Ini Wilayahnya
Next post Faiza Henggar Ingatkan Jangan Nikah di Usia Anak
Social profiles