Telan Anggaran Rp 260 M, Bendung Kembang Kempis Ditarget Rampung Juni 2024

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kabupaten Pati memiliki proyek strategis dalam penanggulangan bencana banjir yaitu proyek Bendungan Karet atau yang lebih dikenal dengan nama Bendungan Kembang Kempis. Lokasinya berada di Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan, tepatnya di tepi Sungai Silugonggo atau Sungai Juwana.

Proyek yang merupakan usulan dari anggota DPR-RI komisi V asal Pati, Sudewo itu ditargetkan rampung pada bulan juni 2024 mendatang. Dalam kunjunganya pada Minggu (29/10/2023), dirinya optimis proyek ini bisa selesai tepat waktu.

Sudewo mengatakan pentingnya keberadaan bendungan ini sebagai tempat menampung air saat musim hujan. Sekaligus meminimalisir musibah banjir seperti awal tahun 2023 ini.

Dikatakan bahwa nominal proyek ini cukup besar yakni diangka Rp 260 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2023 melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Bendung ini dianggarkan tahun 2023 dan direncanakan selesai di 2024. Jumlahnya angkanya cukup prestisius untuk ukuran proyek di Kabupaten Pati yaitu sebesar Rp 260 miliar, angka itu adalah nominal yang besar. Kalau kabupaten (yang mengerjakan) saya yakin tidak mungkin, makanya ini saya usulkan ke Kementrian PUPR,” jelas Sudewo.

Ia menambahkan proyek besar ini sebenarnya sudah diwacanakan semenjak kepemimpinan Bupati Tasiman belasan tahun silam. Hanya saja baru bisa direalisasikan di tahun 2023. “Awal mulanya sekitar dua tahun lalu kepala desa Karangrowo mengusulkan untuk dibuatkan tanggul Bersama dengan BBWS Juwana, ternyata bending karet ini sudah diinginkan sejak eranya Bupati Tasiman,” imbuhnya.

Disamping untuk meminimalisir banjir dan mengairi area pertanian di musim kemarau. Sudewo berjanji bakal menambah anggaran agar Bendung Kembang Kempis ini nantinya setelah jadi bisa dijadikan objek wisata. “Menteri PUPR selalu menambah anggaran agar bendungan bisa sekaligus dijadikan objek wisata sehingga bisa bermanfaat bagi warga sekitar,” tandasnya.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Previous post Rayakan Ulang Tahun ke-2, Partai Kebangkitan Nusantara Gelar Santunan Anak Yatim dan Dhuafa
Next post Mumpung Masih Kemarau, DPUTR Fasilitasi Alat Berat Gratis Bagi Desa yang Ingin Normalisasi Sungai
Social profiles