Ratusan Petani di Pati dapat Bantuan Pompa Air Berbahan Gas

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ratusan petani di Kabupaten Pati mendapat bantuan mesin pompa air Bahan Bakar Gas (BBG). Bantuan itu diberikan anggota DPR RI, Marwan Ja’far kepada penerima di Aula Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Pati Kota, Selasa (10/10/2023).

Marwan mengatakan distribusi paket konversi BBM ke BBG ini bekerjasama dengan mitra Komisi VII DPR RI, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Pertamina.

Menurutnya, pompa air berbahan gas lebih unggul dibanding dengan bahan bakar minyak. Karena dalam operasionalnya lebih terjangkau dan efektif.

“Menyalurkan bantuan pompa air BBG, konversi dari BBM ke bahan gas. Akan tetapi mesin ini ketika gasnya habis bisa juga diisi dengan BBM,” katanya di sela kegiatan kepada wartawan.

“Bantuan dari kami melalui Kementerian ESDM dan bekerjasama dengan Pertamina karena berbahan gas itu. Bahan Bakar Gas ini lebih efektif, efisien serta lebih ramah lingkungan dan lebih irit,” sambung Marwan.

Bantuan pompa air yang disalurkan sebanyak 180 paket se-Kabupaten Pati. Dan jumlah keseluruhan ada 1000 paket untuk 4 Kabupaten di Dapilnya yang meliputi Kabupaten Pati, Rembang, Grobogan dan Blora dengan sasaran penerima manfaat adalah anggota kelompok tani.

Petani di Kabupaten Pati menerima bantuan mesin pompa air berbahan gas, Selasa (10/10/2023)

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa bantuan ini sudah ada sejak tahun 2019 lalu. Sehingga ke depannya bantuan serupa masih akan dijalankan.

“Semoga bantuan pompa air ini dimanfaatkan dengan baik oleh petani dirawat dan digunakan. Jangan diperjualbelikan karena ini bantuan, tapi gunakan sebaiknya,” pungkas Marwan.

Untuk diketahui paket konversi BBM ke BBG yang dibagikan tersebut berisi mesin pompa air, 1 tabung LPG 3 kilogram, konverter kit, regulator, 3 meter selang hisap, 3 meter selang buang, serta oli.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Pukul Calon Menantu, Calon Mertua ini Dilaporkan ke Polisi di Grobogan
Next post Wanita Paruh Baya di Grobogan Tewas di Kamarnya
Social profiles