Petugas Lapas Pati Dibekali Pengoperasian Alat Keamanan X-Ray

SAMIN-NEWS.com, PATI – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati dibekali pengetahuan soal mengoperasikan alat keamanan yang bernama X-Ray. Pembekalan ini berlangsung pada Selasa (24/10/2023) di kantor setempat.

Lapas Pati selalu berupaya mewujudkan ketertiban dan keamanan serta mencegah timbulnya gangguan. Apalagi gangguan keamanan dan ketertiban yang datang dari luar Lapas.

Kepala Lapas Pati, Febie Dwi Hartanto mengatakan mesin tersebut digunakan dalam rangka untuk penguatan sistem keamanan serta pencegahan masuknya barang terlarang ke dalam Lapas.

“Penguatan keamanan serta pencegahan masuknya barang terlarang ke dalam Lapas. Seperti senjata tajam, handphone, dan narkoba,” kata Febie menjelaskan fungsi alat X-Ray tersebut.

Menurutnya hal ini dilakukan sebagai penguatan keamanan berlapis agar Lapas Pati bersih daripada barang-barang terlarang. Dalam operasinya, alat X-Ray seperti yang digunakan di bandara untuk mengecek barang-barang bawaan penumpang.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Lapas Pati guna mempersiapkan SDM mengoperasikan X-Ray di mana bulan lalu telah mendapat barang dari Ditjen PAS. Yakni sebagai upaya preventif terhadap gangguan keamanan dan ketertiban dari luar.

Sehingga, kata Kalapas diperlukan pengetahuan dan kemampuan yang cukup dari para petugas Lapas Pati untuk menggunakan dan melakukan perawatan X-Ray dengan benar. Selain itu, mampu meminimalisir potensi masuknya barang terlarang dari luar Lapas.

“Diharapkan dengan adanya alat X-Ray ini serta pelatihan penggunaannya mampu memperketat keamanan serta ketertiban di Lapas Pati. Kemudian mencegah barang terlarang yang dapat membahayakan baik bagi petugas maupun Warga Binaan, jadi alat X-Ray sangat ini sangat membantu kami,” pungkasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Ponpes Al Yahya di Grobogan Gelar Syukuran Usai Putusan MK Soal Usia Capres-Cawapres
Next post BPJS Kesehatan KC Pati: Rencana Penghapusan Kelas Ikut Regulasi
Social profiles