Disdukcapil Sebut 11 Ribu Pemilih Pemula Belum Perekaman e-KTP

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menyebut sekitar 11 ribu pemilih pemula di Kabupaten Pati belum perekaman KTP elektronik (e-KTP).

Sehingga hal ini harus segera diambil langkah, pemilih pemula (17 tahun) bisa menggunakan hak pilihnya saat pemilihan umum (Pemilu) nanti.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan jemput bola (jebol) kepada masyarakat serta bekerjasama dengan satuan pendidikan. Hal itu dilakukan agar anak di Pati nantinya memiliki KTP dan bisa mengikuti Pemilu.

”Yang belum perekaman untuk pemilih pemula di Pati sekitar masih 11 ribu. Jemput bola untuk perekaman ke sekolah-sekolah. Dan targetnya sehari di kecamatan 200,” ujar Sutikno, kemarin.

Dari sejumlah data itu pihaknya menjelaskan bahwa tidak hanya yang berdomisili di dalam daerah. Melainkan, kata dia juga berdomisili di luar Kabupaten Pati.

Pihaknya pun menyatakan akan menggencarkan perekaman e-KTP. Sehingga hal ini bisa meningkatkan partisipasi pemilih pemula utamanya dalam menentukan seorang pemimpin.

“Targetnya sebelum pemungutan bisa rampung pemilih pemula mempunyai KTP. Upayanya dengan menyisir ke sekolah-sekolah hingga Ponpes di Pati,” jelas dia.

Sedangkan Plt Ketua KPU Pati, Haryono menambahkan, pemilih pemula di daerah sekitar 21 ribu. Diharapkan perekaman e-KTP ini dapat meningkatkan partisipasi dari pemilih pemula.

“Perekaman e-KTP ini targetnya selesai sebelum pemungutan suara jadi pemilih pemula ini bisa menggunakan hak pilihnya. Makanya, kita intensif bekerjasama dengan Disdukcapil maupun sekolah,” tambah dia.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Penjabat Desa Panjunan Pati Resmi Dikukuhkan
Next post Seorang Kakek Ditemukan Meninggal Dunia di Aliran Sungai Irigasi di Tanggungharjo Grobogan
Social profiles