Sensus Pertanian Ditarget Rampung Pertengahan September

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati, Bob Setiabudi menyampaikan sensus pertanian (ST) tahun 2023 ditarget rampung pertengahan September. Pihaknya optimistis ST 2023 selesai di waktu yang telah ditetapkan.

Hingga sekarang ini, kata dia secara keseluruhan ST di Pati sudah mencapai 75 persen setelah melewati sejumlah tahapan. Meliputi pendataan di lapangan, editing hingga pengolahan data.

“Di lapangan sudah selesai kemarin, mulai Juni sampai-sampai Juli. Akhir Juli selesai (lapangan). ST melibatkan ada sekitar 190.000 (responden) usaha pertanian yang berbasis rumah tangga,” katanya kepada wartawan, belum lama ini.

Menurutnya, sejumlah pelaku usaha pertanian yang dilibatkan tersebut terdiri bergerak di bidang hortikultura, perikanan, pangan, pertanian, kehutanan serta bidang jasa pertanian.

Dirinya menjelaskan ST melibatkan ratusan tenaga sensus di dalamnya untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Sebut saja bagian editing coding terdapat 180 orang. Belum lagi ditambah dengan personel yang ada di lapangan.

“Juli kemarin kita sudah mulai pengolahan (data) waktunya dua bulan hingga pertengahan September. Dan per 1 September sudah ada 75,69 persen. Jadi masih ada sekitar seminggu lebih. Kami berharap 15 September selesai,” beber dia.

Untuk diketahui ST 2023 di Kabupaten Pati ini, BPS melibatkan 1.173 petugas sensus. Sementara setelah pengolahan data sebagai tahap final. Dirinya menambahkan akan dilakukan proses evaluasi mengenai pelaksanaan ST.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Petugas Satlantas Polres Grobogan saat menilang pengendara di Kota Purwodadi. Previous post 24 Sepeda Motor di Grobogan Diamankan Polisi di Malam Minggu
Next post Masalah Identitas Kependudukan, Mulai Blangko Kosong hingga Tak Siapnya Pelayanan IKD
Social profiles