Dinkes Salurkan 37 Tangki Air Bersih Bantu Masyarakat Terdampak Kekeringan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati menyalurkan bantuan air bersih bagi masyarakat yang terdampak kekeringan. Sebanyak 37 tangki didistribusikan bertahap ke sejumlah titik kekeringan di Pati.

Kepala Dinkes Pati, Aviani Tritanti Venusia mengatakan bantuan ini berangkat dari bentuk kepedulian jajarannya melihat bencana kekeringan yang melanda Kabupaten Pati sejak beberapa bulan terakhir.

“Bentuk kepedulian temen-temen Dinkes bersama UPT puskesmas dan Labkesda atas kondisi sekarang ini. Kami ikut prihatin dan mencoba sedikit membantu masyarakat,” ujar Aviani kepada wartawan, Jumat (15/9/2023).

Dia melanjutkan baksos yang ia lakukan ini merupakan hasil iuran sukarela bersama anggota Dinkes dan UPT di bawahnya. Pihaknya menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Pati dalam proses pendistribusian air bersih.

Hanya saja, kata Aviani puluhan tangki air bersih tersebut disalurkan secara bertahap tidak hanya sekali waktu. Hari pertama penyaluran, disalurkan 3 tangki air bersih terlebih dahulu, yakni masing-masing 2 tangki Desa Tondokerto, Kecamatan Jakenan dan 1 tangki ke Desa Sidomukti Kecamatan Jaken.

“Dalam hal ini, Dinkes menyesuaikan jadwal dan mempercayakan kepada PMI. (kali ini) penyaluran 2 tangki di Tondokerto Jakenan dan 1 tangki Sidomukti Jaken. Sementara 34 tangki lainnya dikirim bertahap sesuai jadwal dari PMI,” terang dia.

Meski ini menjadi hal biasa tiap tahun di Kabupaten Pati bahwa ketika musim kemarau terjadi kekeringan serta kurang air dan saat hujan tiba bisa kelebihan air. Tetapi, dirinya apa yang ia lakukan ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan pasokan air bersih.

“Harapannya semoga bisa sedikit membantu kebutuhan air bersih bagi masyarakat terdampak kekeringan,” pungkas Aviani.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Warga Juwana Ini Jadi Saksi Sidang Disiplin dan Kasus Dugaan Kasus Pemberian Keterangan Palsu Aiptu M
Next post Soal Pasokan Air Bersih, Budi: Tidak Mampu Cukupi Kebutuhan hanya Mengandalkan BPBD
Social profiles