Baksos Forum Wartawan Pati Bagikan Air Bersih ke Desa Terdampak Kekeringan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Aliansi jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Pati atau FWP menggelar Bakti Sosial (Baksos) dengan membagikan sebanyak 10.000 liter air bersih di Desa Pantirejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati pada Selasa (26/9/2023). Seperti diketahui, Desa Pantirejo merupakan salah satu dari ratusan desa yang mengalami krisis air bersih karena musim kemarau.

Ketua panitia Baksos penyaluran air bersih, Heri Utomo mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian FWP terhadap masyarakat yang terdampak kekeringan. Nantinya, kegiatan serupa bakal kembali digelar di daerah lain yang turut terdampak.

“Hari ini kami menyalurkan dua truk tangki air bersih ke Desa Pantirejo yang mengalami krisis air bersih. Dengan harapan, bantuan ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat dan semoga dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” tuturnya.

Heri menambahkan, para anggota FWP bersatu untuk menggalang dana dalam kegiatan baksos ini. Dana diperoleh diantaranya dari Sekwan DPRD Pati, Pemdes Tambahmulyo Gabus, Karang Taruna Sidokerto Pati, RSUD Soewondo Pati, Media Mondes, dan beberapa perusahaan swasta yang ada di Pati.

“Besok kami juga akan menyalurkan bantuan serupa ke desa-desa lain yang terdampak. Untuk anggaran ini, kami menggalang dana dari para donatur,” tambahnya.

Sementara itu, Hendrik Cahyono selaku Kepala Desa (Kades) Pantirejo mengucapkan banyak terima kepada rekan-rekan FWP yang telah menyalurkan sebanyak 10.000 air bersih kepada warga desanya. Ia berharap, ada forum-forum atau kelompok komunitas seperti FWP yang turut memiliki agenda baksos sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

“Intinya terimakasih kepada teman-teman FWP. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga, karena memang sedang mengalami krisis air,” ucap Kades.

Dikatakan, hampir seluruh warga di desanya saat ini mengalami krisis air bersih. Beberapa warga pun terlihat menyiapkan bak besar sebagai tempat menampung air jika ada bantuan yang datang.

Dengan adanya kepedulian FWP terhadap warganya, Hendrik berharap FWP dapat semakin sukses, terutama dalam menyajikan berita-berita ataupun narasi positif.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Previous post Status Bencana Kekeringan di Pati Diusulkan jadi Gawat Darurat
Next post Berjuta Budaya Beraut Ketidaksetaraan Sosial
Social profiles