Atasi Kekeringan, KAI Daop 4 Semarang Salurkan Bantuan 53 Tangki Air Bersih ke 3 Kecamatan di Grobogan

SAMIN-NEWS.com, GROBOGAN – Kekeringan semakin meluas terutama di Kebupaten Grobogan. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang memberikan bantuan sebanyak 53 tangki air bersih di tiga kecamatan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Penyaluran air bersih ini secara langsung diberikan kepada warga masyarakat terdampak kekeringan yang berada di Kecamatan Toroh yang meliputi Desa Depok, Plosoharjo, Ngrandah, dan Desa Kenteng; di Kecamatan Geyer yang meliputi Desa Asemrudung, Geyer, Monggot, Karanganyar, dan Desa Bangsri; serta di Kecamatan Tanggungharjo yang berada di Desa Tanggung.

Bantuan tersebut secara simbolis diberikan oleh Kepala KAI Daop 4 Semarang Wisnu Pramudyo kepada Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan Suwignyo yang bertempat di Desa Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan pada Kamis (6/9/2023).

Kepala KAI Daop 4 Semarang Wisnu Pramudyo mengatakan bahwa bantuan ini merupakan hasil kolaborasi antara KAI dengan Pemerintah Daerah, dimana pihak KAI bersama BPB Kabupaten Grobogan akan menyalurkan langsung ke warga masyarakat yang terdampak pad 10 desa di 3 kecamatan wilayah Kabupaten Grobogan.

“Sebagai wujud BUMN Hadir Untuk Negeri, KAI sebagai salah satu BUMN turut serta untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak kekeringan pada musim kemarau tahun ini,” jelas Wisnu.

KAI akan terus memberikan manfaat kepada masyarakat luas melalui program-program TJSL yang dijalankan. Pada tahun 2023 ini, TJSL KAI Daop 4 Semarang telah memberikan bantuan senilai Rp341 juta yang diperuntukan untuk penghijauan, pengembangan sarana ibadah, dan bantuan sosial kemasyarakatan.

Dalam program penghijauan, TJSL KAI telah memberikan bantuan dalam program penanaman sejuta pohon yang diselenggarakan oleh Pemkot Semarang. Dalam program pengembangan sarana ibadah, TJSL KAI telah memberikan bantuan ke Masjid dan Musholla yang berada di wilayah kerja Daop 4 Semarang.

Selanjutnya dalam program sosial kemasyarakatan, TJSL KAI telah memberikan bantuan berupa satu unit ambulance kepada Layanan Umat Pengurus Mejelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Gunungpati Semarang, serta pemberian santunan kepada anak yatim piatu di wilayah Kota Semarang.

“KAI akan terus konsisten menjalankan fungsinya melalui program TJSL untuk memberikan manfaat di bidang lingkungan, sosial, dan ekonomi. Pemberian bantuan ini merupakan bentuk komitmen KAI untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang berdampak positif pada aspek sosial, lingkungan dan ekonomi” tutup Wisnu. (RR/RD)

About Post Author

Redaksi Samin News

Seputar Informasi Masyarakat Independen
Suasana Galabo yang dipadati pengunjung (sumber akun instagram @kuliner_asiksolo) Previous post Mencicipi Berbagai Kuliner Khas Solo di Galabo
Next post Menikmati Suasana Kampung Batik Kauman yang Eksotis
Social profiles