Sempat Langka, Pati Dapat Kuota Tambahan 21 Ribu Tabung Elpiji

Ilustrasi gas elpiji 3 kilogram atau gas melon

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sempat mengalami kelangkaan, gas elpiji 3 kilogram atau gas melon di Kabupaten Pati saat ini sudah dilakukan penambahan. Ada 20 ribu lebih total tambahan kuota dari Pertamina kepada masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian  (Disdagperin) Kabupaten Pati, Kuswantoro mengatakan gas melon didroping dibagi dua tahap. Pertama di awal bulan Agustus, sementara tahap kedua dikirim pertengahan bulan Agustus.

“Total tambahan fakultatif untuk bulan ini pertama dikirim mulai tanggal 2 s/d 5 Agustus sebanyak 12.320 tabung,” ujar Kuswantoro kepada Samin News, ditulis Kamis (17/8/2023).

Kemudian tahap kedua yaitu gas elpiji 3 kilogram dikirim Pertamina selama dua, yakni tanggal 15 sampai 16 Agustus dengan pengiriman sebanyak 9.520 tabung.

Adapun total penambahan gas elpiji untuk masyarakat Kabupaten Pati sebesar 21.840 tabung. Di mana penyaluran dilakukan langsung oleh Pertamina melalui agen dan pangkalan yang berada di bawah.

Sebelumnya stok gas subsidi untuk konsumsi rumah tangga dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini di Kabupaten Pati terbatas. Lalu pengaruh dari penyesuaian pendataan konsumen oleh Pertamina by identitas kependudukan. Termasuk lantaran banyak kegiatan masyarakat hingga akhirnya konsumsi meningkat.

Akibat langkanya gas subsidi tersebut, harganya pun juga terdampak yakni mengalami peningkatan.

Pada tanggal 31 Juli 2023 kemarin, Disdagperin mengirim surat kepada Pertamina yang berisi pengajuan penambahan alokasi elpiji bagi masyarakat Kabupaten Pati.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Simbolis: tiga narapidana (tengah) menerima remisi HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Previous post 180 Napi Lapas Pati Terima Remisi Kemerdekaan, di Antaranya Langsung Bebas Murni
Upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Alun-alun Simpang Lima Pati, Kamis (17/8/2023) Next post Henggar Minta Kemerdekaan Dibarengi dengan Kemajuan Pembangunan
Social profiles