Raperda Seni dan Budaya Bentengi Pengaruh Pesatnya Kemajuan Zaman

Sejumlah karya seni dipajang di Plaza Pragolo Store Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati menyatakan pembangunan suatu daerah atau pun bangsa harus dibarengi dengan membangun dan melestarikan seni budaya yang mengandung nilai luhur.

Kemajuan zaman diidentikkan dengan proses pembangunan material, seperti ekonomi, infrastruktur, sains hingga teknologi. Namun pelestarian seni dan kebudayaan tradisional itu adalah cerminan sikap manusia mencintai karya leluhur.

“Kami berpendapat bahwa seni dan budaya harus dilestarikan demi pengukuhan jati diri budaya daerah dan untuk kepentingan nasional agar terhindar dari pengaruh daerah yang mengalami peningkatan dan perubahan pesat,” pandangan fraksi PPP terhadap Raperda Pelestarian Seni dan Kebudayaan Tradisional tak Benda Daerah.

Seni budaya mempunyai andil terhadap pembangunan karakter guna terus mendidik serta mengajarkan terkait kearifan lokal yang terus diwariskan pada tiap generasi sebagai identitas daerahnya.

Kesenian dan kebudayaan mempunyai makna filosofis di baliknya. Semakin memahami hal itu, maka nilai yang diajarkan leluhur selalu dijaga dan diejawantahkan melalui sikap dari generasi ke generasi.

“Sehingga ada jaminan ke depan terhadap kelestarian seni dan kebudayaan,” lanjut fraksi PPP ada kesan optimis atas Raperda yang tengah digarap DPRD Pati ini.

Fraksi PPP DPRD Pati, menekankan peraturan tersebut sebagai payung hukum di daerah Kabupaten Pati dalam rangka nguri-uri serta komitmen atas kesenian dan kebudayaan tradisional.

“Oleh karena itu untuk menjaga seni dan budaya daerah Kabupaten Pati diperlukan terhadap perlindungan pengembangan dan pemanfaatannya,” lanjut fraksi PPP.(Adv)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ilustrasi tumpukan pupuk subsidi jenis Urea Previous post Penjualan Pupuk Harus Sesuai Wilayah KPL
Sumiyati petani asal Gabus tengah memanen kacang hijau di ladangnya Next post Musim Kemarau, Petani Beralih ke Tanaman Palawija
Social profiles