IPSI Pati Tandatangani Deklarasi Damai untuk Pemilu 2024

Deklarasi damai oleh IPSI Kabupaten Pati, Senin (7/8/2023)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Pati menandatangani aksi deklarasi damai untuk Pemilu 2024 tetap kondusif. Kegiatan ini berlangsung usai upacara hari jadi ke-700 Kabupaten Pati di Alun-alun Simpang Lima, Senin (7/8/2023).

Wakil Ketua IPSI Kabupaten Pati, Eko Wahono mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi ketegangan pemilu 2024. Selain itu, hal ini juga mengantisipasi keterlibatan anggota perguruan pencak silat di Pati dari kegaduhan.

“Supaya tidak melibatkan temen-temen dari perguruan silat maka IPSI Kabupaten Pati bersama stakeholder terkait menggelar deklarasi damai,” ujarnya kepada wartawan.

Dirinya menuturkan netralitas anggota IPSI dalam pemilu 2024. Kendati demikian, pihaknya tetap mendorong agar anggotanya menggunakan momen itu sebaik mungkin.

Menurutnya, berbeda pilihan itu adalah suatu hal wajar. Namun perbedaan itu jangan sampai fanatik buta hingga akhirnya terjadi perkelahian antar perguruan. Ini yang diwanti-wanti agar tidak terjadi di Kabupaten Pati.

“Sehingga perguruan pencak silat netral, anggotanya bisa kemana-mana. Dan supaya tidak menimbulkan masalah maaf partainya beda pilihannya beda tidak saling gontok-gontokan, saling pukul dan lainnya,” dia menjelaskan.

Eko mengungkapkan deklarasi damai ini diikuti 11 perguruan pencak silat, serta dihadiri 110 anggota. di antaranya mulai PSHT, Kembang Setaman, Cempaka Putih, Pagar Bumi, pagar Nusa, Persinas Asad, IKS Kera Sakti, Merpati Putih

“Harapan ke depan semoga pemilu kondusif tidak ada keributan, terkendali, tertib dan aman,” harap Eko.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Kandang ternak yang terbakar di Dusun Blabur, Pulokulon, Grobogan pada Senin (7/8/2023) Previous post Kandang Ternak Terbakar di Blabur Grobogan, Satu Ekor Sapi Mati Terpanggang
Penyerahan sertifikat Kekayaan Intelektual kolektif dari perwakilan Kemenkumham Jawa Tengah Next post Sertifikat Kekayaan Intelektual Jadi Kado untuk Hari Jadi Pati
Social profiles