DPRD Pati Minta Embung di Sukolilo segera Beroperasi Atasi Kekeringan

Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badruddin (kanan) saat mengikuti upacara HUT kemerdekaan, belum lama ini

SAMIN-NEWS.com, PATI – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badrudin selain meminta memperbanyak tangki bantuan air bersih. Dirinya juga mau pemerintah daerah mempunyai terobosan jangka panjang guna mengatasi persoalan kekeringan.

Kekeringan identik berada di wilayah Kabupaten Pati bagian selatan. Kementerian PUPR sudah selesai membangun embung Kasih, di kawasan Sukolilo guna mengatasi persoalan sulitnya akses air seperti masa-masa sekarang ini.

Meski sudah selesai dibangun akhir tahun kemarin, hanya saja embung Kasih tersebut saat ini belum bisa dimanfaatkan masyarakat. Sebab, embung kasih belum dioperasikan.

“Sudah dibuat embung di Kasiyan Sukolilo, (tapi) belum dimanfaatkan. Jadi semoga itu segera bisa dioperasikan guna menangani persoalan kekeringan di Pati selatan),” kata Ali yang ditulis, Rabu (23/8/2023).

Menurutnya, embung Kasih itu masih merupakan kewenangan pemerintah pusat. Sehingga pemerintah daerah belum bisa berbuat banyak. Namun berkaca dengan kondisi seperti ini, dia meminta daerah agar segera mengambil sikap yakni berkomunikasi dengan pusat.

“Harapan kami tahun 2024 nanti dari pemerintah pusat diserahkan ke pemerintah daerah untuk dianggarkan pipanisasi yang mana disalurkan ke masyarakat. Namun terlebih dahulu ada komunikasi antara pusat dengan daerah,” ujar dia.

Ali menyatakan, DPRD Pati sebelumnya telah diundang oleh kementerian terkait menyangkut embung Kasih. Pihaknya telah menyampaikan agar embung itu segera diserahterimakan kepada Kabupaten Pati.

“Kalau legislatif sudah klir, ketika kemarin kami diundang oleh kementerian terkait sudah kami sampaikan untuk diserahterimakan. Biar dimanfaatkan untuk mengatasi kekeringan yang ada di Kabupaten Pati. Jadi tidak hanya mengandalkan bantuan air bersih saja,” tandas dia.(Adv)

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ketua DPRD Kabupaten Pati saat memimpin rapat Previous post Ali Badruddin Singgung Raperda CSR saat Bahas Penanganan Kekeringan
Simulasi menanam tanaman Toga oleh tim KKN Hypatia IPMAFA di Desa Kadilangu Next post KKN IPMAFA Bekali Pelatihan Tanaman Toga di Desa Kadilangu
Social profiles