Pemdes Gunungwungkal Bangun Irigasi Pertanian

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa/Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati tengah membangun jaringan irigasi untuk pertanian. Ini merupakan realisasi program pembangunan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Diketahui pemerintah pusat melalui PUPR terus melakukan percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur hingga pelosok daerah pinggiran melalui kegiatan Padat Karya Tunai (PKT). Termasuk sarana dan prasarana untuk menunjang pertanian nasional.

Kepala Desa (kades) Gunungwungkal, Mulyono mengatakan peningkatan sarana dan prasarana selalu menjadi topik yang digalakkan. Upaya tersebut terus dilakukan guna mendorong peningkatan kemajuan desa.

“Pembangunan sarana dan prasarana pertanian tersebut diwujudkan melalui kelompok Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3-TGAI) Mukti Mulyo Mandiri. Ini merupakan wadah dari para petani pemakai air di lingkungan desa sini,” kata Mulyono, Sabtu (22/7/2023).

Lebih lanjut, kades menuturkan bahwa pelaksanaan pembangunan P3-TGAI ini sudah hampir dua pekan dikerjakan. Nantinya, saluran irigasi itu berfungsi untuk mengaliri lahan pertanian termasuk sawah.

“Saluran ini dibangun sepanjang 262 meter, kira-kira progresnya sudah mencapai 60 persen. Anggaran bersumber dari dana APBN melalui Kementrian PUPR,” tutur kades.

Dalam pemantauan awak media di lapangan, pembangunan irigasi oleh P3-TGAI Mukti Mulyo Mandiri yang berlokasi di di Dukuh Kedungwatu ini sudah sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Sampah dibuang di aliran sungai yang melintas di Wedarijaksa Previous post Sungai Dipenuhi Sampah, DPRD Pati Angkat Bicara
Next post E-Koran Samin News Edisi 22 Juli 2023
Social profiles