Muara Sungai Silugonggo Rencananya akan Dibangun Tambat Kapal

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Sudarno

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Sudarno menyatakan bahwa Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana mempunyai wacana akan membangun tambat kapal di Muara Sungai Silugonggo Juwana.

Dia menyebut informasi dari BBWS, kini baru akan melakukan sosialisasi terkait pembangunan tambat yang rencananya di muara sungai juwana tepatnya perbatasan Kampung Bendar ke utara kepada masyarakat.

“Rencana dari BBWS pembangunan di muara Sungai Juwana membuat tambat kapal. Itu nanti rencananya akan dibangun tambat cukup panjang tapi (bertahap) dibangun 1 kilometer dulu rencananya,” kata Sudarno di kantor, Kamis (6/7/2023).

Kendati pihaknya tak tahu persis berapa total keseluruhan panjang yang akan dibangun, namun pekerjaan itu dilakukan bertahap. Menurutnya proyek oleh BBWS ini untuk menjawab persoalan mengenai parkir kapal di muara serta aliran sungai juwana.

“Dibuat agar kapal nanti bisa tambat berjejer. Tengahnya (sungai) ada ruang agar airnya bisa mengalir juga lintas kapal. Kapal di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) menumpuk,” jelas Sudarno.

“Ketika dibuat persoalan seperti itu bisa diurai nanti. Seumpama juga ada kebakaran cepat mengambil tindakan. Termasuk kapal yang menghambat aliran yang menyebabkan gampang naik ke permukaan itu bisa teratasi,” sambungnya.

Hanya saja, pihaknya menuturkan jika untuk mewujudkan proyek infrastruktur itu membutuhkan waktu cukup lama. Sekarang ini pihak terkait menemui kesulitan mengenai pembebasan lahan. “Ada kendala pembebasan lahan milik warga yang terdampak sekitar 7 lahan. Makanya besok saat sosialisasi itu permasalahan ini bisa selesai,” terangnya.

Sudarno juga menyebut kapan mulai pengerjaan Konstruksi tambat kapal di Muara Sungai Silugonggo ini kapan dimulai. Lantaran hal tersebut adalah program BBWS. Tetapi, pihaknya mengaku senang lantaran sudah dibantu dengan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Pati dan Juwana khususnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Ilustrasi perbaikan jalan rusak di Kabupaten Pati Previous post Usulan Perbaikan Jalan Rusak Nunggu Seleksi Anggaran Kemenkeu
Next post Sekdes Asemrudung Grobogan Sering Palsukan Tandatangan
Social profiles