Desa Pangkalan Garap Sarana Jaringan Irigasi Pertanian

Warga Desa Pangkalan saat mengerjakan pembangunan fisik Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa Pangkalan, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati kini menggarap sarana jaringan irigasi untuk pertanian. Pembangunan fisik itu berupa Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).

Kegiatan P3-TGAI itu merupakan realisasi pekerjaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana tahun anggaran 2023 dengan pelaksana kegiatan Kelompok Among Tirto Pangkalan.

Ketua kelompok Among Tirto Pangkalan, Ngarno mengatakan peningkatan sarana dan prasarana desa terus dilakukan pemerintah desa. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat para petani desa setempat.

“Untuk mendorong peningkatan kemajuan desa dengan menyalurkan bantuan seperti sarana jaringan irigasi. Pembangunan sarana irigasi ini sedang dalam pengerjaan,” katanya, Rabu (12/7/2023).

Ngarno menuturkan jaringan irigasi berfungsi untuk mengaliri lahan pertanian termasuk sawah. Sehingga, para petani tak perlu merasa khawatir terhadap tanaman mereka.

Dia menjelaskan bahwa konstruksi bangunan itu dengan rincian lebar atas 25 cm, ketinggian 60 cm sepanjang 282 meter. Dan progresnya sudah lebihnya dari separuh pengerjaan sekitar 70 persen.

Papan Proyek Pekerjaan
Papan Proyek Pekerjaan

“Dikerjakan secara swakelola oleh warga sendiri. Warga bersyukur karena dapat kerjaan, desa juga dapat bangunan dengan berkualitas bagus. Apalagi ini berfungsi untuk program dukungan sektor pertanian,” terangnya.

Pemantauan awak Media dilapangan, pembangunan irigasi yang dilaksanakan oleh P3AI Among tirto pangkalan Desa pangkalan kecamatan margoyoso kegiatan tersebut sesuai dengan rencana pembangunan.

About Post Author

Sutikno

Wartawan Samin News
Kepala Bidang Pendapatan pada BPKAD Kabupaten Pati, Zabidi Previous post Hanya Ada 10 Tambang yang Setor ke Daerah
Next post E-Koran Samin News Edisi 12 Juli 2023
Social profiles