Puluhan Anak Raudhatul Athfal Ikuti Peragaan Manasik Haji di Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Sebanyak 5000 anak dari 120 lembaga Raudhatul Athfal (RA) se-Kabupaten Kudus sangat berantusias mengikuti peragaan manasik haji yang digelar di Alun-alun Kabupaten Kudus, pada Sabtu (3/6/2023) kemarin.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) ke-21. Selain itu peragaan manasik haji ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman awal kepada anak-anak tentang ibadah haji.

Mawar Anggraeni selaku Bunda PAUD yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, puluhan anak-anak yang hadir dan mengikuti kegiatan ini diharapkan mampu belajar lebih dalam mengenal dan menambah ilmu tentang ajaran Islam.

“Semoga dengan upaya ini mereka mulai mengenal Islam dan apa-apa saja perintah yang dianjurkan, termasuk menunaikan ibadah haji nantinya,” katanya seusai acara.

Selain itu ia menuturkan, kegiatan ini dapat menjadikan pembekalan dini kepada anak-anak yang nantinya dapat menghasilkan memori tentang bagaimana menjadi umat Islam yang baik.

Sementara itu, Ketua IGRA Kabupaten Kudus Amalina Khusni menjelaskan bahwa kegiatan manasik haji RA se-Kabupaten Kudus ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada anak-anak tentang bagaimana tata cara ibadah haji yang ada di rukun islam ke lima.

Foto: Puluhan Anak Raudhatul Athfal saat berada di Simpang Tujuh Kudus yang turut memeriahkan peragaan manasik haji
Foto: Puluhan Anak Raudhatul Athfal saat berada di Simpang Tujuh Kudus yang turut memeriahkan peragaan manasik haji

“Pengenalan ibadah haji perlu disampaikan sejak usia dini, karna banyak nilai yang terkandung dalam ibadah haji yang bisa diketahui oleh anak-anak dengan peragaan sejak usia dini,” tukasnya.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus Suhadi menyampaikan bahwa betapa pentingnya pengenalan nilai-nilai Islam untuk anak usia dini.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Irwan Budisusanto Previous post Mengatasi Apatisme: Mendorong Partisipasi Aktif Masyarakat dalam Pemilihan Umum, Oleh ; Irwan Budisusanto
Next post Hadapi Libur Sekolah, Museum Kretek Kudus Lakukan Sejumlah Persiapan
Social profiles