Penutupan TMMD, DPRD Kudus Harapkan Ekonomi Masyarakat Meningkat

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-116 tahun 2023 resmi ditutup pada, Kamis (8/6) kemarin. Upacara penutupan dipimpin langsung oleh Kapok Sahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen TNI, Budi Kusworo bertempat di lapangan Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus.

Pada kesempatan itu, turut hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kudus Tri Erna Sulistyawati, Bupati Kudus, dan jajaran lainnya. Forkompinda, Ketua TP PKK Kudus, Ketua Persit Chandra Kirana Kudus, Kepala OPD, unsur TNI/Polri, dan undangan lainnya.

Adapun pujian DPRD Kudus yang disematkan untuk program TMMD Reguler ke-116 tahun 2023.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kudus Tri Erna Sulistyawati mengatakan, program ini memiliki dampak terhadap percepatan pembangunan dan memperlancar perekonomian masyarakat.

“Saya turut mengapresiasinya karena ini adalah upaya TNI dalam memperkuat ketahanan pangan masyarakat sebagai potensi kewilayahan,” ungkapnya kepada Samin News.

Lebih lanjut, kegiatan TMMD ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui terbukanya akses jalan yang mempermudah bagi warga untuk mengangkut hasil perkebunan dan pertanian yang dilakukan setiap harinya.

“Selain itu dampak lainnya bisa menjaga lingkungan tetap aman dan nyaman. Dengan adanya TMMD ini, masyarakat juga turut menjaga agar manfaat yang ada terus terjaga dan dinikmati bersama sebagai mobilisasi semua masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo, selaku Dansatgas TMMD Reguler Ke 116 Kodim 0722/Kudus menyampaikan, laporan hasil akhir dari pelaksanaan TMMD Reguler ke-116 yang berlangsung di Desa Gulang berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah hasil fisik maupun pokok tambahan sudah selesai. Harapan kami hasil yang sudah raih dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga akses jalan yang sudah diperbaiki dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dibidang pertanian,” katanya.

Pihaknya menjelaskan, sasaran fisik yang telah diselesaikan berupa betonisasi jalan sepanjang 1.120 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 0,15 meter. Sedangkan untuk sasaran tambahan berupa perbaikan dua rumah tidak layak huni dan perbaikan pos kampling.

Foto: Gelaran penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 di Desa Gulang
Foto: Gelaran penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 di Desa Gulang

“Sementara, sasaran non fisik yang dilaksanakan berupa penyuluhan radikalisasi, terorisme, dan balatkom, penyuluhan kamtibmas dan narkoba,” tandasnya.

“Penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, penyuluhan, pembinaan UMKM, penyuluhan KB-Kes dan pemberdayaan masyarakat,” tambahnya.

Sebagai informasi program TMMD yang dilaksanakan Tahun anggaran 2023 bersumber dari dana APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp. 182.280.000 dan dana dari APBD Kabupaten Kudus sebesar Rp. 845.046.200 dengan total jumlah anggaran sebesar Rp. 1.027.326.200.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Petani garam di Pati meratakan garam setengah jadi di tambaknya Previous post Cuaca Pengaruhi Kualitas Garam di Pati
Foto: Pelaksanaan Rapat Pansus III DPRD Kabupaten Kudus Next post Usai Publik Hearing, DPRD Perbolehkan Bangunan di Kudus Menjulang Tinggi
Social profiles