Hati-hati Tren Diabetes Meningkat pada Usia Remaja ke Atas

Kegiatan kader kesehatan posbindu di Kabupaten Pati

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati mencatat ada kenaikan kasus penyakit Diabetes Melitus (DM) atau kadar gula darah tinggi yang menyerang pada usia remaja ke atas. Setiap tahunnya dari data tersebut penderitanya meningkat.

Kepala Dinkes Pati, Aviani Tritanti Venusia mengungkapkan data pada tahun 2022 ada 25 ribu orang dengan usia rentang antara 15 sampai 60 tahun mengidap penyakit Diabetes.

“Penderitanya yang ditemukan pada tahun 2021 ada 19.900 kasus. Kemudian naik menjadi 25.584 Kasus pada tahun 2022. Jumlah DM pada usia produktif mengalami kenaikan,” katanya yang ditulis Selasa (20/6/2023).

Dia menjelaskan penyakit Diabetes ini akan lebih beresiko bagi mereka yang mempunyai keluarga dengan riwayat ini. Lalu kehamilan dengan gula darah tinggi, ibu dengan riwayat melahirkan bayi dengan berat badan (BB) lahir 4 kg, dan bayi dengan BB kurang dari 2,5 kg.

Kemudian, sambungnya diabetes juga mengintai bagi mereka yang kurang aktivitas, punya riwayat jantung, hipertensi, dan obesitas.

Gejalanya penyakit ini biasanya yaitu sering buang air kecil, mudah haus, dan banyak makan namun cepat merasa lapar.

Dinkes Pati, Aviani menyebut mempunyai terobosan untuk mengkampanyekan gerakan hidup sehat melalui Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Pandu PTM). Menurut Aviani kegiatan di dalamnya adalah melakukan deteksi dini berupa cek gula darah oleh petugas.

“Pemeriksaan gula darah dari kader kesehatan terlatih. Dari situ Posbindu dan Pandu PTM semoga penyakit diabetes bisa dicegah. Ketika ditemukan maka segera dilakukan tata laksana pengobatan,” jelasnya.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Jalan Dr Soesanto Kecamatan/Kabupaten Pati Previous post Ada Temuan BPK dari Sektor Reklame di Pati, Ini Lokasinya
Next post Perempuan Asal Grobogan Aniaya Selingkuhan Kekasihnya di Kamar Kos Akhirnya Damai
Social profiles