Aktor Nasional Teuku Rifnu Wikana Isi Materi Seni Peran Muria Culture Camp 2023 di Kudus

Foto: Teuku Rifnu Wikana saat mengisi materi Seni Peran Muria Culture Camp 2023 di Kudus

SAMIN-NEWS.com, KUDUS – Aktor senior perfilman Indonesia, Teuku Rifanu Wikana, berbagi pengalaman dalam kegiatan Muria Culture Camp (MCC) 2023 yang digelar oleh Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) pada Minggu, (04/5/2023) di Panggung Ngepringan, Dusun Piji Wetan, Kudus.

Seperti diketahui Teuku Rifnu Wikana sudah lalu-lalang melintang di sejumlah layar lebar. Ia pernah membintangi film Laskar Pelangi (2008), Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 (2018), Nightbus (2017), Dilan 1990 (2018), Srimulat: Hil yang Mustahal – Babak Pertama(2022), dan masih banyak film lainnya.

Dalam pemaparan materi keaktoran, Teuku menyampaikan metode seni peran yang meliputi Aku-Pelaku-Laku (Akting, Analisa Naskah, Observasi) dan sebagainya.

“Dalam kerja keaktoran, aku (aktor) mesti memahami tubuh dan sukmanya. Responsibility tubuh serta emosi. Dalam hal ini kita akan memahami bagian tubuh mana dari aktor yang lebih dominan bekerja untuk merespon serta wujud ekspresi dalam menggambarkan setiap emosi,” kata Teuku, Minggu, (04/5/2023).

Lebih lanjut, ia mengutarakan pengalaman prosesnya hingga menjadi aktor seperti saat ini.

“Bermain peran, atau menjadi aktor akan menemukan perannya sendiri seiring berjalannya waktu,” ucapnya.

Selain itu, bagi Teuki sendiri, akting adalah kebenaran yang disadari. Tidak ada peran antagonis dan protagonis. Karena semuanya, lanjut Tekuku, akan menemukan metode seni perannya sendiri.

Lebih lanjut, ia menyampaikan apresiasinya kepada KBPW selaku fasilitator acara yang sangat bermanfaat ini.

“Saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas terjalinnya kolaborasi antara komunitas di Kabupaten Kudus dengan kawan-kawan pelaku industri kreatif. Semoga kedepan akan memberikan ruang bagi para sineas muda, juga calon-calon aktor potensial,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaan MCC 2023 terdapat berbagai jenis kegiatan, antara lain Seminar Kebudayaan, Lokakarya, Kelas Editing, Kelas Keaktoran, Kelas Sutradara Film, Sharing Session, dan Pemutaran Film. Festival Film Foklor menjadi salah satu program Muria Cukture Camp (MCC) 2023 yang diselengarakan dari 03-04 Juni 2023.

Sementara itu, menurut Faruq Makrus selaku ketua panitia MCC 2023 mengatakan dengan hadirnya sutradara dan tokoh perfilman tanah air, yakni Teuku Rifnu Wikana dan Anto Galon dan lain-lain, tentu akan menstimulus semangat pelaku industri kreatif di Kanupaten Kudus khususnya di dalam bidang perfilman.

Dengan demikian pihaknya berharap, para peserta yang terdiri dari berbagai kota, baik pelajar, umum maupun mahasiswa nantinya dapat menimba ilmu dan meningkatkan kapasitas, dengan dimentori secara langsung dari kedua bintang tamu tersohor tersebut.

“Selain itu semoga perhelatan ini akan banyak mendatangkan manfaat khususnya bagi generasi saat ini dan yang akan datang. Serta para pelaku produksi film, aktor, dan secara umum manfaatnya juga akan didapat oleh masyarakat, karena di sini akan banyak edukasi, terlebih dengan dengan hadirnya aktor, yaitu Mas Rifnu,” tutup Faruq.

About Post Author

Adam Naufaldo

Wartawan Kudus
Foto: Sineas muda melakukan kegiatan kemah budaya (istimewa) Previous post Puluhan Sineas Muda Ikuti Kemah Budaya, Screening Film Hingga Lokakarya Kebudayaan di KBPW
Next post E-Koran Samin News Edisi 4 juni 2023
Social profiles